Cara Melihat Lokasi Banjir Pulau Jawa Sebelum Bepergian

CNN Indonesia | Senin, 08/02/2021 13:25 WIB
Warga disarankan untuk mengecek lokasi banjir sebelum bepergian lewat peta bencana dari BPBD atau Google. Ilustrasi banjir di Semarang Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tingginya intensitas hujan dan banjir yang meluas di sejumlah wilayah Indonesia, warga disarankan untuk mengecek lokasi banjir sebelum bepergian. Salah satunya menggunakan situs yang berisi informasi banjir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Lewat situs petabencana.id, masyarakat dapat melihat kondisi terkini dari beberapa lokasi yang rawan banjir. Selain itu, masyarakat juga dapat melaporkan banjir yang terjadi di sekitar.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, situs tersebut memberikan informasi meliputi peta lokasi banjir, tinggi genangan air, waktu serta dilengkapi dengan foto sebagai bukti.


Pihaknya memberikan informasi yang terbilang jelas, dengan menggunakan peta berwarna oranye yang artinya kondisi banjir berskala sedang yaitu 71-150 sentimeter dan kuning banjir berskala rendah antara 10-70 sentimeter.

Pengguna sebelumnya diarahkan untuk mencari provinsi yang hendak diketahui keadaan bencana banjir tersebut. Tidak hanya berpusat di DKI Jakarta, informasi ini juga memberikan info terkini bencana banjir di provinsi lain, salah satunya di Semarang, Jawa tengah.

Peta bencana itu memberikan informasi terakhir pada pukul 09.53 WIB. Namun sayangnya, informasi banjir di Semarang tidak dilengkapi dengan foto serta ketinggian air di lokasi.

Selain petabencana.id, perusahaan teknologi raksasa Google juga memberikan fitur khusus untuk memantau titik wilayah yang terkena banjir.

Pengguna dapat memantau banjir lewat fitur pada aplikasi Google Maps yang dinamakan 'Java Floods'. Lewat fitur ini Google dilengkapi dengan informasi jalan yang ditutup imbas dari banjir di wilayah pulau Jawa.

Menggunakan fitur dari Google ini terbilang mudah, pengguna dapat masuk ke opsi 'Explore' kemudian tekan icon 'Java floods'. Serupa dengan petabencana.id, lewat aplikasi ini pengguna juga dapat memberikan update terkait banjir atau jalan ditutup.

Melalui fitur ini, Google memberikan opsi perkembangan informasi banjir lewat pemberitaan yang bisa dilihat di fitur Java floods dengan menggeser ke bawah, lalu tekan 'See latest updates'.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK