Varian Baru Corona B117 Menyebar, Kini Gegerkan AS

CNN Indonesia | Selasa, 09/02/2021 17:59 WIB
Ilmuwan Amerika Serikat kini tengah mengidentifikasi varian baru virus Covid-19 yaitu B117 yang bermula dari Inggris. Ilustrasi varian baru Covid-19 B117. (iStockphoto/Naeblys)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ilmuwan Amerika Serikat (AS) kini tengah mengidentifikasi varian baru virus Covid-19 yaitu B117, yang telah menyebar di 33 negara. Mutasi virus SARS-CoV-2 B117 ini awalnya ditemukan di Inggris.

Bermutasinya virus Covid-19 diduga imbas dari lonjakan kasus positif seperti yang terjadi di Inggris dan Portugal. Dengan melonjaknya kasus positif harian di AS, membuat pihak otoritas kesehatan meningkatkan pengawasan serta melakukan upaya mitigasi.

Tim peneliti dari Scripps Research Institute mengurutkan genom SARS-CoV-2 dari 10 negara bagian untuk melacak mutasi virus Covid-19 yang dipicu dari penyebaran B117. Varian ini dinilai lebih cepat menyebar dan mematikan.


Seperti dikutip Cidrap, varian B117 diprediksi telah ada pada bulan September lalu dan kemungkinan menyebar ke AS selama musim liburan pada akhir tahun.

Di antara 460 sampel SARS-CoV 2 yang berhasil diurutkan dari Desember 2020 hingga Januari 2021, 45 persen teridentifikasi sebagai virus B117. Selama Januari, tingkat pertumbuhan B117 berlipat ganda setiap 10 hari.

Hal tersebut menunjukkan adanya potensi penularan sebanyak 35 hingga 45 persen lebih tinggi daripada strain lain.

Hingga kini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDS) AS telah melaporkan adanya kasus 690 kasus B117 di 33 negara bagian.

Varian B117 menyebar di Amerika Serikat oleh pelancong mancanegara yang datang pada awal November lalu. Lebih dari 1 juta orang Amerika melakukan perjalanan domestik dan internasional selama peringatan Thanksgiving, Natal, dan Hari Tahun Baru.

Selain B117, para peneliti juga mengurutkan 3 genom B117 yang terdeteksi melalui pengawasan genomik acak di California. Hasilnya, di Florida mengandung mutasi tambahan yang dinamakan K1191N yang lolos dari deteksi Covid-19 oleh otoritas setempat.

Ahli Ingatkan AS soal Ancaman Varian Covid-19 B117

Dikutip NBC, epidemiolog sekaligus penasihat virus Covid-19 untuk presiden AS, Michael Osterholm memperingatkan AS untuk bersiap menghadapi penyebaran virus ganas pada musim semi.

"Lonjakan akan terjadi dengan varian baru dari Inggris dalam 6 hingga 14 minggu ke depan. Badai (sebaran virus) itu akan cepat datang" ujar Osterholm.

Lebih lanjut ia mendesak pemerintah untuk bertindak cepat untuk melakukan vaksin sebanyak mungkin kepada seluruh penduduk di Amerika Serikat untuk mencegah keganasan mutasi virus, setidaknya dengan dosis pertama.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan, sejauh ini sudah hampir 50 juta dosis vaksin telah didistribusikan kepada masyarakat AS.

Infografis Tiga Mutasi Baru Covid-19 Gegerkan DuniaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Tiga Mutasi Baru Covid-19 Gegerkan Dunia

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK