Beda Banjir dan Genangan Air Imbas Hujan Ekstrem Versi LAPAN

CNN Indonesia | Jumat, 12/02/2021 14:53 WIB
Hujan ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia berdampak munculnya banjir dan genangan air, LAPAN jelaskan bedanya. Ilustrasi banjir. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia berdampak munculnya banjir dan genangan air. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan perbedaan banjir dan genangan.

LAPAN menjelaskan, banjir memiliki skala waktu yang terbilang lama, yaitu lebih dari 24 jam. Pada skala ruang, banjir memiliki ketinggian air lebih dari 40 sentimeter dan mencakup area yang luas. Biasanya memiliki radius lebih dari 100 meter.

Banjir, menurut LAPAN disebabkan karena faktor alam dan manusia dengan kombinasi yang kompleks. Banjir memiliki dampak yang terbilang besar, hingga menyebabkan kerugian materi dan nyawa.


Sementara genangan, memiliki skala waktu yang terbilang singkat. Yaitu kurang dari 24 jam.

Di samping itu, LAPAN menjelaskan arti dari genangan air. Menurutnya genangan air memiliki ketinggian kurang dari 40 sentimeter dengan radius area yang terkonsentrasi kurang dari 100 meter.

[Gambas:Instagram]

Menurutnya, penyebab dari genangan air disebabkan karena faktor manusia atau sistem drainase yang kurang baik. Namun, dampak dari genangan ini terbilang kecil.

Peneliti Atmosfer LAPAN Erma Yulihastin mengatakan, informasi mengenai perbedaan banjir dan genangan air yang dirilis oleh LAPAN bertujuan untuk menjelaskan, mengingatkan kepada masyarakat akan fenomena itu.

"Semua rilis yang berkaitan dengan layanan informasi bermaksud menjelaskan, mencerdaskan, dan mengingatkan masyarakat juga pers," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/2).

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK