Makin Canggih, Toilet Jepang Pakai Hologram Tanpa Sentuh

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 15:45 WIB
Imbas Covid-19, Jepang membuat toilet dengan teknologi hologram yang membuat orang tak perlu lagi menyentuh benda fisik. Ilustrasi toilet. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jepang menjadi salah satu negara yang kerap memperbarui teknologi toilet. Kini perusahaan dalam negeri sakura itu tengah mempersiapkan toilet dengan tombol hologram.

Bagi sebagian orang yang pernah berkunjung ke Jepang mungkin sudah terbiasa dengan teknologi yang disematkan pada setiap toilet di Jepang.

Saat ini perusahaan produsen suku cadang mobil asal Jepang, Murakami Corporation tengah mengembangkan teknologi terbaru untuk toilet, yang tidak lagi menggunakan layar sentuh melainkan dengan tampilan tombol yang muncul seperti hologram.


Inovasi ini didasari kekhawatiran pengguna apabila tombol yang ditekan oleh semua orang yang menggunakannya. Hal itu dinilai tidak higienis terutama saat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Perusahaan yang berbasis di Shizuoka, Jepang ini telah menjalin kemitraan dengan Parity Innovations untuk menghasilkan panel hologram yang muncul ke permukaan layar.

Mengutip Soranews24, teknologi yang terbilang baru ini dijuluki dengan nama 'Floating Pictogram Technology'. Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan gambar mengambang seperti panel sentuh biasa, berkat sensor infra merah yang dapat mendeteksi jari manusia ketika pengguna mendekatinya.

Tidak hanya pada toilet, teknologi ini juga dapat diterapkan pada fasilitas umum lain di mana terdapat banyak kontak, seperti mesin ATM, elevator, vending mesin dan lainnya.

Teknologi hologram tersebut juga bisa berguna, seperti saat bekerja di dapur dengan tangan basah dan perlu mengoperasikan alat listrik.

Melansir Ubergizmo, Murakami Corporation berharap untuk memproduksi panel ini secara massal pada tahun 2022 mendatang. Teknologi ini diharapkan dapat diimplementasikan lebih cepat dari prediksinya.

Murakami mengatakan teknologi ini dianggap dapat mengubah dunia, dengan meningkatnya kebutuhan non-kontak sebagai penanggulangan penyakit menular. Panel seperti ini menjadi lebih umum dalam waktu dekat.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK