TIPS OTOMOTIF

Kebiasaan Salah Jari Nangkring di Tuas Rem Saat Pegang Setang

CNN Indonesia | Kamis, 18/02/2021 21:06 WIB
Memegang setang sepeda motor dengan menyisakan sebagian jari untuk berjaga-jaga menekan tuas rem dianggap kebiasaan yang kurang tepat. Ilustrasi kebiasaan kurang tepat membiarkan sebagian jari di tuas rem saat berkendara. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengendara sepeda motor perlu memperhatikan berbagai hal dalam berkendara, termasuk cara memegang setang. Komponen ini merupakan tumpuan sebagian besar pusat pengendalian motor, memegangnya dengan benar juga bisa membuat pengendara aman dan nyaman selama perjalanan berlangsung.

Berikut uraian panduan memegang setang motor saat berkendara.

Pegang gagang setang sepenuhnya

Ada beberapa pendapat tentang hal ini. Sebagian orang mengatakan posisi memegang gagang gas yaitu dengan beberapa jari tangan kanan dan menyiapkan jari lain untuk mengoperasikan tuas rem.


Kelebihan posisi ini dapat memaksimalkan operasi rem dengan cepat. Pada motor matic, posisi itu juga berlaku pada tangan kiri.

Menurut pihak dealer Wahana Honda posisi seperti itu salah. Posisi yang benar memegang gagang yakni menggenggam penuh handle gas dengan seluruh jari agar dapat sepenuhnya mengontrol setang untuk mengendalikan motor.

Dalam posisi memegang dengan seluruh jari dikatakan puntiran gas akan terlepas sedikit saat mengerem, ini membantu mengurangi kecepatan. Selain itu hal ini juga dikatakan bakal memicu logika pengendara untuk lebih tenang ketika menggunakan rem.

Pengendara diimbau memastikan dapat memegang seluruh kendali motor dengan jari mulai dari gas, rem, hingga tombol-tombol yang ada pada setang. Selain itu dituntut juga memastikan kendali setang terpegang erat agar tetap stabil selama perjalanan.

Posisi siku

Saat menggenggam setang, pengendara dikatakan perlu memperhatikan posisi siku agar sedikit menekuk dan membuat sudut. Tujuannya untuk mengatasi getaran dari motor ketika melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang agar tidak langsung mengarah ke pundak.

Gunakan sarung tangan

Selanjutnya pengendara direkomendasikan memakai sarung tangan sebagai bagian dari kelengkapan standar saat berkendara. Sarung tangan akan melindungi permukaan tangan dari debu dan mencegah kapalan karena terlalu lama berkendara.

Fungsi lain menggunakan sarung tangan yakni untuk memudahkan pengendara saat menggenggam setang yang bisa saja licin karena keringat atau air hujan seperti dikutip dari situs resmi Suzuki.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK