Efek Sanksi AS, Huawei Banting Setir Garap Teknologi Mobil

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 04:50 WIB
Di tengah sanksi AS, perusahaan China itu mengembangkan cloud pintar yang bernama Huawei Mobile Services (HMS) untuk mobil. Ilustrasi Huawei. (istockphoto/lcva2)
Jakarta, CNN Indonesia --

Huawei dilaporkan mulai beralih ke bisnis yang tidak terpengaruh oleh sanksi Amerika Serikat (AS). Salah bisnis yang mulai dirambah oleh perusahaan China itu adalah mengembangkan cloud pintar yang bernama Huawei Mobile Services (HMS) untuk mobil.

HMS untuk Mobil dinilai sebagai upaya agar bisnis Huawei tetap berjalan setelah pemerintah Amerika Serikat memblokir akses ke komponen untuk ponsel cerdasnya.

Melansir Gizmo China, HMS adalah sistem yang mirip dengan Layanan Seluler Google. Huwei menciptakan HMS setelah AS melarang Layanan Seluler Google digunakan oleh perusahaan China tersebut.


Seiring dengan berjalannya waktu, Huawei pun meluncurkan versi khusus untuk mobil bernama Huawei HMS for Car. Tahun lalu, petinggi Huawei Guo Ping mengungkapkan bahwa perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan produsen mobil untuk menggunakan HMS.

Akhirnya, pabrikan mobil Jerman Mercedes dilaporkan sebagai produsen mobil yang akan menggunakan HMS for Car. CEO bisnis konsumen Huawei, Yu Chengdong mengatakan HMS for Car akan ditemukan di Mercedes Benz S-Class 2021.

Melansir Huawei Central, Chengdong mengatakan konsumen dapat merasakan berbagai aplikasi pihak ketiga pada layar besar sistem dalam mobil dan juga dapat menikmati berbagai fitur hiburan, seperti membaca berita, mendengarkan cerita, menonton video, dan bermain game.

Layanan pada Mercedes Benz S Class itu akan memungkinkan konsumen untuk menggunakan aplikasi apa pun di sistem dalam kendaraan mereka tanpa menginstalnya, cukup mengklik dan menggunakan.

Dalam poster yang media sosial, terdapat berbagai aplikasi seperti SF Express, Lychee, Bilibili, dan lainnya muncul di layar untuk akses langsung.

Menurut informasi, Mercedes Benz S Class terbaru 2021 hadir dengan model S400L, S450L, dan S500L. Layar utama pada mobil itu mengguna layar OLED 12,8 inci dengan resolusi 1888 × 1728. Kendaraan itu juga memiliki fitur asisten suara dan peningkatan jarak jauh OTA.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK