Kala Bos Apple Tim Cook Blak-blakan ke Mahasiswa China

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 21:02 WIB
Tim Cook mengungkapkan isi dapur Apple, bagaimana kesehariannya dan sumber kreatif pembuatan iphone. CEO Apple Tim Cook. (AFP PHOTO / Josh Edelson)
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Apple Tim Cook dilaporkan blak-blakan ketika berpartisipasi dalam wawancara video dengan seorang mahasiswa China yang juga seorang influencer teknologi di negara tersebut.

Pembicaraan antara keduanya menyangkut berbagai hal, mulai dari pemikiran Cook tentang inovasi dan produk baru seperti seri iPhone 12 hingga pentingnya China, serta konsumen di negara itu bagi Apple.

Melansir BGR, mahasiswa yang beruntung bisa berbincang langsung dengan Cook adalah He Shijie atau juga dikenal sebagai He Tongxue. Dia adalah mahasiswa berusia 22 tahun di Universitas Pos dan Telekomunikasi Beijing dan influencer teknologi di China.


Shijie sekarang memiliki hampir 7 juta pengikut di platform streaming video Bilibili. Dalam video wawancara yang tersedia di YouTube, Cook tampak antusias bisa diwawancara oleh Shijie. Hal serupa juga ditunjukkan oleh Shijie.

Salah satu pertanyaan yang menarik dari wawancara itu adalah ketika Cook diminta untuk menyebutkan setiap fitur yang dikembangkan berdasarkan masukan dari konsumen China. Cook pun membeberkan beberapa fitur yang dibuat berdasarkan masukan dari konsumen di China, misalnya keyboard khusus, kode QR, dan 5G.

Kemudian, dia juga mengatakan fitur tampilan persimpangan pada Maps hingga Mode Malam juga terinspirasi dari masukan konsumen iPhone di China.

"Ya, kami mendapat banyak masukan dari China," ujar Cook.

Pertanyaan lain dari Shijie yang cukup mendapat respon Cook adalah tentang apakah Apple bisa berbuat lebih banyak untuk membantu konsumen yang berusia tua.

Sebelum bertanya itu, Shijie mengaku neneknya ingin belajar cara menggunakan iPhone sehingga dia dapat menonton videonya di Bilibili dan melakukan panggilan FaceTime, tetapi dia merasa sulit untuk menguasai teknologinya.

Cook pun menjawab bahwa pihaknya berusaha sangat keras untuk merancang produk agar bisa digunakan oleh semua orang. Dia juga berkata teknisi Apple mendesain produk seefisien mungkin tanpa perlu mencari instruksi lebih lanjut ketika akan digunakan.

"Kami memiliki kelas di ritel Apple, di mana kami ingin melatih nenek Anda dalam menggunakan iPhone di kelas tersebut. Keinginan kami adalah selalu merancang produk sedemikian rupa sehingga berfungsi seperti yang Anda harapkan, sehingga tidak perlu instruksi," ujarnya.

Selain itu, Cook juga tampak mengoceh tentang pengalamannya mengunjungi China beberapa tahun lalu. Salah satu tempat yang berkesan untuk Cook adalah Museum Istana di Beijing dan Museum Seni Modern di Shanghai.

Dia mengaku tidak menyadari bahwa kedua tempat itu menggabungkan augmented reality ke dalam beberapa pameran.

Dalam perbincangan awal, Shijie sempat mengkonfirmasi apakah Cook selalu banyak pukul 04.00 pagi dan berolahraga di tempat gym. Cook membenarkan bahwa dirinya melakukan hal itu sebelum mulai bekerja.

Pasalnya, dia merasa kegiatan itu membuat dirinya energik dan pikirnya lebih segar. Namun, dia mengaku saat mahasiswa dirinya belum melakukan hal itu.

Terkait hal baru yang dihadirkan Apple setiap tahun, Cook berkata berasal dari budaya kreatif dan kolaboratif yang ada di Apple. Dengan kedua hal itu, serta keberagaman pegawai apple, dia mengaku Apple bisa menciptakan inovasi yang luar biasa.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK