Clubhouse untuk Pengguna Android Segera Meluncur

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 20:32 WIB
Clubhouse yang awalnya ekslusif untuk iOS kini menggaet pengembang software Android, Mopewa Ogundipe. Ilustrasi Clubhouse untuk Android. (AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Clubhouse, aplikasi audio media sosial bagi orang-orang terpilih awalnya hanya tersedia bagi pengguna iOS. Namun, aplikasi yang viral usai dipopulerkan bos Tesla Elon Musk itu kini membuat versi untuk pengguna Android.

Untuk mewujudkan hal itu, Clubhouse menggaet pengembang software Android, Mopewa Ogundipe. Ogundipe dikenal sebagai pengembang software Android sejak 2014 untuk Khan Academy, Medium, hingga Instagram.

Ogundipe juga mendeskripsikan dirinya sebagai 'Pengembang Android sejak masa Gingerbread' di bio Twitter-nya. 


"Hari ini adalah hari pertama saya di @joinClubhouse," tweet Mopewa Ogundipe, mengutip CNBC, Rabu (24/2).

"Jika Anda mengenal saya, Anda mungkin tahu bahwa saya memiliki pendapat tentang aplikasi khusus iOS, jadi saya sangat senang bisa bergabung dengan tim untuk menghadirkan pesta di Android," tambahnya.

Pengembangan aplikasi Android di Clubhouse dilakukan usai perusahaan mendapatkan putaran pendanaan baru dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz pada bulan Januari 2021.

Menurut laporan Axios, Clubhouse disuntik dana US$100 juta atau setara Rp 1,4 triliun dan memberikan Clubhouse valuasi US$1 miliar atau menyandang status unicorn meski usianya kurang dari dua tahun.

Clubhouse diluncurkan pada Maret 2020. Co-founder Clubhouse Paul Davison dan Rohan Seth mengumumkan aplikasi Clubhouse telah menjangkau lebih dari 10 juta pengguna aktif mingguan, naik dari 2 juta pengguna aktif mingguan pada 24 Januari 2021.

Berdasarkan pengalaman CNNIndonesia.com menjajal aplikasi itu, pertama, membuka aplikasi diminta untuk memasukkan nomor ponsel. Setelah itu, aplikasi akan mengirim kode verifikasi melalui SMS agar bisa lanjut ke tahap berikutnya, yakni mengisi nama lengkap dan username.

Setelah tahap itu dilalui, Clubhouse memberi informasi bahwa akun Anda telah disimpan dan akan mengirim pesan jika akun Anda telah siap digunakan.

Setelah informasi itu diterima, Anda harus menunggu hingga salah satu anggota Clubhouse mengirim pesan teks untuk memberi tahu bahwa akun Anda bisa digunakan atau seseorang yang Anda kenal yang sudah menggunakan Clubhouse mengirim undangan yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi.

Waktu untuk menunggu undangan bergabung ke dalam Clubhouse bervariasi. Cara paling singkat adalah meminta teman Anda yang telah bergabung untuk mengundang.

Dalam SMS undangan yang diterima berisi link yang akan membawa Anda masuk ke dalam aplikasi. Anda akan diminta memasukkan nomor ponsel agar aplikasi dapat mengirim kode verifikasi lagi.

Setelah input kode verifikasi, Anda akan dibawa kembaliuntuk mengisi nama lengkap danusername. Setelah itu, Anda baru bisa benar-benar bergabung ke dalam Clubhoues.

Saat sudah berada di dalam Clubhouse, Anda akan dihadapkan dengan berbagai tema obrolan, mulai dari teknologi, politik, hobi, hingga seni untuk bisa bertemu dengan pengguna lain di dalam ruang obrolan. Anda bisa memilih lebih dari satu tema untuk menemukan pengguna lain.

Ketika memilih tema teknologi yang berkaitan dengan produk misalnya, Anda akan menemukan berbagai pengguna dengan latar belakang yang terkait dengan tema itu. Anda bisa mengikuti salah satu atau semua orang direkomendasikan oleh Clubhouse.

Setelah itu, Clubhouse akan meminta izin kepada Anda untuk memberi notifikasi ketika orang-orang yang Anda ikuti tengah berbicara di dalam ruang obrolan.

Ada banyak ruang obrolan ketika anda sudah berada di dalam aplikasi itu. Ada dua jenis ruang, yakni terbuka untuk siapa saja dan khusus undangan. Anda juga bisa membuat ruang sendiri yang bisa diikuti oleh semua pengguna, orang yang anda ikuti, atau orang tertentu yang Anda pilih.

Melihat opsi itu, Clubhouse tampak seperti aplikasi Zoom yang juga meningkat popularitasnya saat pandemi Covid-19. Hal lain yang perlu diketahui dalam aplikasi itu adalah Anda dapat mengangkat tangan untuk berbicara di dalam ruang obrolan. Anda bisa bicara ketika diizinkan.

Jika tidak, mikrofon Anda akan tetap mati selama obrolan berlangsung. Anda juga bisa keluar dalam ruang obrolan setiap saat. Ada tombol yang memungkinkan Anda ketika bosan atau tidak tertarik dengan obrolan yang anda ikuti.

Terdapat pula informasi mengenai agenda obrolan yang dibuat oleh pengguna yang Anda ikuti. Selain itu, Anda bisa mengundang teman yang ada dikontak setelah memberi izin Clubhouse mengakses kontak Anda. Hanya ada dua undangan yang bisa digunakan saat ini. Sebentar lagi, pengguna Android akan bisa menggunakan Clubhouse di perangkat masing-masing.

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK