Cara Lihat Anggota Grup yang Aktif di WhatsApp

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 07:27 WIB
Grup jadi salah satu fitur yang kerap digunakan pengguna WhatsApp. Admin layak mengetahui cara lihat anggota grup yang aktif di WhatsApp. Grup jadi salah satu fitur yang kerap digunakan pengguna WhatsApp. Admin layak mengetahui cara lihat anggota grup yang aktif di WhatsApp. (Foto: CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu aplikasi instant messenger populer saat ini adalah WhatsApp. Kesederhanaan tampilan dan kemudahan pemakaian membuat aplikasi ini jadi salah satu aplikasi primer pengguna smartphone.

Selain dapat mengirim pesan langsung kepada seseorang, pengguna juga dapat mengirim pesan kepada banyak orang. Untuk dapat melakukan ini pengguna harus masuk ke dalam grup sehingga pesan yang dikirim dapat dibaca atau diketahui oleh seluruh anggota grup.

Adapun cara mengetahui anggota grup whatsapp yang aktif atau dibaca sebenarnya tidaklah susah, pengguna tinggal melakukan beberapa langkah saja, untuk mengetahui pesan tersampaikan oleh banyak orang atau tidak.


Berikut cara melihat anggota grup yang aktif di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel masing-masing.
  2. Masuk ke salah satu grup.
  3. Setelah berada di grup tersebut, silahkan kirim pesan baru untuk melakukan percobaan.
  4. Kirim teks apa saja, yang penting sudah mengirim pesan baru.
  5. Setelah selesai membuat pesan baru, silahkan tekan dan tahan pesan yang Anda buat tadi sehingga muncul beberapa pilihan.
  6. Pilih menu "info" atau "message info"
  7. Setelah menekan tombol Info maka pengguna akan mendapatkan detail lengkapnya.

Berikut arti dari keterangan yang tertera:

  • Delivered to: Kepada siapa saja pesan telah terkirim
  • Read by: Siapa saja yang telah membaca pesan Anda.
İstanbul, Turkey - July 14, 2015: Hands holding a iPhone 6 Plus displaying WhatsApp messaging application. iPhone is a touchscreen smart phone produced by Apple Inc.Cara lihat anggota grup yang aktif di WhatsApp (Foto: istockphoto/hocus-focus)

Cara Undang ke Grup WhatsApp dengan Link dan QR Code

Selain bisa tahu cara melihat anggota grup yang aktif, WhatsApp pun mempermudah penggunanya untuk masuk ke sebuah grup dengan cara membuat link dan memindai kode QR.

Ada dua cara untuk masuk ke dalam grup WhatsApp , pertama dengan cara dimasukkan oleh admin dan kedua dengan mengklik link (tautan) atau kode QR.

WhatsApp menawarkan sejumlah cara bagi admin untuk mengundang pengguna lain ke dalam grup. Cara yang biasa digunakan adalah dengan mencari atau memilih kontak yang ingin ditambah ke grup.

Namun, Whatsapp juga menyediakan cara lain agar bisa masuk ke dalam grup, yakni dengan mengundangnya masuk ke grup melalui tautan atau link.

Berikut cara untuk mengundang dengan tautan:

  1. Buka chat grup WhatsApp, lalu ketuk subjek grup tersebut.
  2. Klik "undang via tautan" atau "invite via link".
  3. Pilih Kirim tautan via WhatsApp, salin tautan, Bagikan tautan via aplikasi yang lain atau kode QR.
Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaSelain cara lihat anggota grup yang aktif di WhatsApp, Admin juga bisa menambah anggota baru dengan QR code (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)

Dalam laman resmi, WhatsApp menyebut admin sebuah grup dapat menggunakan opsi Setel ulang tautan kapan saja untuk menjadikan tautan undangan sebelumnya tidak valid dan membuat tautan baru.

WhatsApp menambahkan setiap pengguna WhatsApp yang dibagikan tautan undangan dapat bergabung ke grup tersebut. Sehingga, WhatsApp mengimbau pengguna untuk menggunakan fitur ini hanya dengan orang yang dipercaya.

"Seseorang mungkin saja meneruskan tautan tersebut ke orang lain yang kemudian dapat bergabung ke grup tanpa persetujuan tambahan dari admin grup," tertulis pada laman WhatsApp.

Berikut pembahasan mengenai cara melihat anggota grup yang aktif dan bagaimana cara mengundang seseorang ke dalam grup WhatsApp. Selamat mencoba.

(din/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK