Jadwal Hari Tanpa Bayangan di RI Tahun Ini

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 18:12 WIB
Hari tanpa bayangan disebut kulminasi atau transit adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Ilustrasi fenomena hari tanpa bayangan di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan di tahun 2021. Salah satunya di Jakarta pada 4 Maret.

"Kulminasi utama terjadi saat deklinasi Matahari sama dengan lintang kota tersebut. Khusus untuk kota Jakarta, fenomena ini terjadi pada 4 Maret 2021," tulis BMKG dalam situs resminya, Kamis (25/2).

Fenomena yang hari tanpa bayangan di Jakarta pada 4 Maret kulminasi utamanya terjadi pada pukul 12.04 WIB, dan pada 9 Oktober 2021 kulminasi utama pada pukul 11.40 WIB.


Hari tanpa bayangan disebut kulminasi atau transit adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Fenomena itu akibat dari letak Matahari yang tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

"Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," ujar BMKG.

Hal ini disebabkan karena bidang ekuator Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi Bumi, sehingga posisi Matahari dan Bumi akan terlihat berubah sepanjang tahun 23,5 derajat LU sampai 23,5 derajat LS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian Matahari.

Tidak hanya terjadi di DKI Jakarta, hari tanpa bayangan juga terjadi di di Baa Nusa Tenggara Timur pada 20 Februari hingga 4 April 2021 di Sabang Aceh. Pada 7 September juga terjadi di Sabang, Aceh sampai 21 Oktober 2021.

(mik/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK