Microsoft Masih Tutup Komentar IG soal Netizen RI Tak Sopan

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 07:34 WIB
Microsoft masih menutup kolom komentar media sosial Instagram mereka sampai hari ini Senin (1/3) pukul 07.30 WIB Ilustrasi Microsoft tutup kolom komentar Instagram usai diserang netizen terkait riset netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara. (Foto: Screenshot via web Microsoft.Com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun Instagram Microsoft belum membuka kolom komentarnya setelah diserang akun netizen dari Indonesia. Aksi netizen Indonesia ini usai Microsoft merilis riset netizen Indonesia paling tidak sopan se-Asia Tenggara beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com Microsoft masih menutup kolom komentar media sosial Instagram mereka sampai hari ini Senin (1/3) pukul 07.30 WIB sejak Jumat (26/2) pagi. Akun Microsoft sendiri mengunggah video terakhirnya pada Minggu (28/2) siang.

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang 2020 dalam laporan berjudul 'Digital Civility Index (DCI)'.


[Gambas:Instagram]

Indonesia berada di urutan ke-29 dari 32 negara yang disurvei untuk tingkat kesopanan, sekaligus menjadi yang terendah di Asia Tenggara. Laporan itu berdasarkan survei yang diikuti oleh 16.000 responden di 32 negara.

Microsoft mengumumkan melibatkan 503 responden remaja dan dewasa dalam survei tersebut. Penelitian dilakukan mulai April dan Mei 2020. Survei itu merupakan upaya mempromosikan interaksi online yang lebih aman, lebih sehat, dan lebih saling menghormati.

Sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100. Semakin tinggi skor maka semakin rendah kesopanan daring di negara tersebut. Skor kesopanan daring di Indonesia sendiri naik delapan poin, dari 67 pada tahun 2019 menjadi 76 pada 2020.

Alhasil akun Instagram Microsoft sempat dibanjiri komentar berbahasa Indonesia yang tak terima dengan hasil survei tersebut pada Kamis (25/2) malam. Sadar akun perusahaannya diserang, Microsoft pun menonaktifkan kolom komentar akun mereka pada Jumat (26/2) pagi.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK