Diskon PPnBM Mayoritas untuk Mobil Jepang, Cuma 1 Merek China

fea, CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 18:29 WIB
Wuling Confero S adalah satu-satunya mobil China yang masuk dalam daftar 21 mobil baru Kemenperin. Wuling Confero S. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagian besar dari daftar 21 mobil baru dengan fasilitas diskon PPnBM yang dirilis Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merupakan merek Jepang. Hanya ada satu mobil merek China dalam daftar itu, yakni Wuling Confero S.

Berada dalam daftar itu berarti Confero S memenuhi syarat yang dibutuhkan, yakni mobil penumpang 4x2 di bawah 10 penumpang dengan mesin tak lebih dari 1.500 cc.

Selain itu low MPV pesaing Toyota Avanza ini juga berarti diproduksi lokal dengan menggunakan setidaknya 70 persen komponen produksi Indonesia.


Confero S diproduksi oleh SGMW Motor Indonesia di pabrik mereka di Greenland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Pabrik itu merupakan yang pertama bagi Wuling di luar China. Confero S atau dijual dengan nama Chevrolet Enjoy di negara lain merupakan model pertama yang diproduksi massal SGMW Motor Indonesia.

Menurut pernyataan resmi SGMW Motor Indonesia saat peresmian pabrik dan produksi massal Confero S pada Juli 2017, 56 persen komponen mobil ini berasal dari pemasok lokal.

Spesifikasi

Confero S berukuran panjang 4,49 meter, lebar 1,69 meter, dan tinggi 1,71 meter, dengan wheelbase 2,27 meter. Desain eksterior mobil yang terlihat mengotak tinggi ke atas ini bisa muat tujuh hingga delapan penumpang.

Mesin yang dipakai 4-silinder, DOHC, DVVT, 1.485 cc dengan tenaga 107 hp dan torsi 142 Nm yang dialirkan ke roda belakang. Sejak 2017 mobil ini cuma tersedia varian transmisi manual 5-percepatan, namun pada April 2019 opsi otomatis ACT ditawarkan.

Kisaran harga Confero S untuk wilayah Jakarta sekarang Rp154,8 hingga Rp202,8 juta, ini dipahami belum termasuk diskon PPnBM. Jika sudah dikenakan diskon PPnBM sebesar 100 persen yang berlaku bulan ini, diperkirakan banderolnya akan turun sekitar 10 persen.

Berdasarkan keterangan resmi SGMW Motor Indonesia pada Senin (1/3), pengurangan harga jual Confero S mulai 1 Maret sebesar Rp8,5 juta untuk varian DB, Rp10 juta untuk C M/T, Rp11 juta untuk L M/T, dan Rp11,5 juta untuk L ACT.

Daftar 21 mobil yang mendapat diskon PPnBM, berlaku untuk semua varian:

Toyota Yaris
Toyota Vios 
Toyota Sienta 
Toyota Avanza
Toyota Rush 
Toyota Raize 
Daihatsu Xenia 
Daihatsu Grand Max Minibus
Daihatsu Luxio 
Daihatsu Terios 
Daihatsu Rocky 
Mitsubishi Xpander 
Mitsubishi Xpander Cross
Honda Brio RS 
Honda Mobilio 
Honda BR-V 
Honda HR-V 
Suzuki Ertiga
Suzuki XL-7
Nissan Livina
Wuling Confero 

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK