Alasan Honda City Hatchback Mesin Turbo Tak Masuk Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 06:53 WIB
Tidak seperti di Thailand yang memakai mesin turbo, konsumen Honda City Hatchback di Indonesia diberi pilihan mesin konvensional 1.500 cc. Honda City Hatchbackl. (Honda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Honda City Hatchback yang meluncur pertama kali di Thailand pada November 2020 punya pilihan mesin turbo VTEC 3-silinder 1.000 cc, namun mesin ini tak ditawarkan di Indonesia. Konsumen di dalam negeri mendapatkan mesin konvensional 4-silinder, i-VTEC, 1.500 cc.

Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan pilihan mesin 1.500 cc menyesuaikan minat dan kebutuhan konsumen Tanah Air.

"Jadi kami melakukan studi panjang karena variannya banyak. Jadi kami menilai mesin 1.500 ini benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal performa dan efisiensi bahan bakarnya," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy saat peluncuran City Hatchback secara virtual, Rabu (3/3).


Meski sudah ditentukan, Billy mengatakan tidak menutup kemungkinan mesin turbo City Hatchback juga akan dijual jika ada permintaan dari konsumen. Billy juga mengungkap hal senada terkait kemungkinan City Hatchback versi hybrid dirilis di dalam negeri.

"Tapi buat saat ini sudah cukup baik untuk konsumen Indonesia," katanya.

City Hatchback diluncurkan hari ini meski harga resmi belum diumumkan. Mobil tersebut cuma punya satu varian yakni RS dan satu pilihan mesin.

Mobil inilah pengganti Jazz yang dikatakan sudah berhenti produksi pada tahun ini.

City Hatchback dibekali mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW dan dua pilihan transmisi yaitu CVT serta manual enam percepatan. Mesin mampu melepas 119,3 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mobil ini juga dilengkapi berbagai fitur antaranya Multi-Angle Rear View Camera, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Selanjutnya 6 airbags, sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, dan Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Kemudian sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan fitur Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK