Riuh Netizen Dukung Akun Pemain Catur RI Dewa_Kipas

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 13:09 WIB
Akun pemain catur Indonesia Dadang Subur alias Dewa_Kipas populer di Twitter usai kalahkan gamer catur online di Chess.com, Gothham Chess. Ilustrasi catur. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Akun pemain catur daring asal Indonesia, Dadang Subur diduga di-banned usai mengalahkan gamer catur online di Chess.com, Gothham Chess Selasa (2/3). Nama Dadang yang memiliki akun bernama Dewa_Kipas itu kemudian menjadi topik terpopuler di Twitter Indonesia.

Beberapa akun netizen memuji kemenangan Dewa_Kipas yang masih bisa memberi inspirasi di usia yang tidak lagi muda.

"Dewa kipas siap-siap ngisi webinar 'Berkilau di usia senja'," kicau @bahahasu.


Ada juga beberapa akun netizen Indonesia yang menyerbu akun Twitter Gothham Chess. Mereka menantang agar pertandingan ulang digelar. Mereka meledek Gothham Chess yang memamerkan chat dengan anak Dewa_Kipas dengan mengklaim sudah menemukan solusi positif antara dua pihak.

"Positive solution matamu, coba rematch bos, noob noob aja gausa pake nickname chess chess ajg masih kalah ama master dewa kipas aja belagu," kicau @adiey_pratama.

Ada juga akun yang memuji Dadang Subur yang tak mau terlalu mengumbar kemenangannya dan dituduh curang.

"Mantap emang dewa_kipas, nggak perlu pengakuan macam-macam, super chill. Namanya juga dewa kipas, pasti lagi bersantai menikmati angin sepoi-sepi~," kicau @auxiliriarywits.

Ada juga netizen yang memamerkan piagam kejuaraan catur yang dimiliki Dadang Subur alias Dewa_Kipas.

Netizen juga berharap agar pecatur Indonesia mulai dikenal dunia usai kejadian kontroversial ini.

"Sebagai org yg doyan yg maen catur Kalo lihat dewa kipas vs gothqm Pecatur indonesia banyak yg bisa bersaing di internasional sebenarnya cuman kurang dana aje... bahkan bkn tidak mungkin org indo bisa juara dunia catur," kicau @sukisukibooy.

Sebelumnya, melalui postingan Ali Akbar, anak Dadang Subur seorang pria paruh baya asal Bandung, tidak terima akun ayahnya diblokir. Menurut Ali, ayahnya yang memiliki akun bernama Dewa_Kipas punya keahlian bermain catur dan memenangkan pertandingan.

Kemenangan Dewa_Kipas pun membuat fans dari GothamChess marah, namun ada juga yang mendukung Dewa_Kipas. Dewa_Kipas dituding melakukan kecurangan oleh pendukung Gotham Chess dan berakhir dengan pelaporan.

"Bapak gue main catur Online di Chess.com, bertemu dengan Gotham Chess. Waktu bapak gue tanding disiarkan live di Twitch dan ditonton ribuan orang. Bapak gue menang para penonton ngambek, mereka nuduh bapak gue curang, mereka nge-report massal akun bapak gue. Sumpah gue ga terima," ujar Ali Akbar lewat akun Facebooknya.

(dal/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK