Netizen Respons Jokowi: Tak Ada Impor Lagi Sudah Siap?

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 12:57 WIB
Netizen ramai respons pernyataan Presiden Jokowi yang mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Ilustrasi Jokowi. (Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk membenci produk luar negeri. Ia meminta masyarakat untuk mencintai produk lokal agar penjualan dari produsen lokal bisa meningkat ke depannya.

Pernyataan Jokowi pun langsung disambut beragam oleh netizen di Twitter. Sejumlah pihak tampak ragu dengan ajakan politisi PDI Perjuangan itu.

Salah satu akun yang bereaksi atas pernyataan Jokowi adalah @fauzanalrasyid. Dia mempertanyakan apakah Indonesia sudah siap tidak mengimpor barang dari luar negeri lagi.


"Yth. Pak @jokowi, Lawan kata cinta memang benci. Bapak bermaksud mengajak agar rakyat lebih mencintai produk lokal, tetapi tentu tak berarti harus benci produk asing. Kalau benci produk asing lantas ... tidak boleh ada barang impor lagi? Sudah siap?," ujar @fauzanalrasyid, Kamis (4/3).

Akun @fauzanalrasyid juga menambahkan bahwa mendorong masyarakat agar membeli produk lokal bukan berarti harus membenci produk asing.

"Mendorong produk lokal tak berarti membenci produk asing. Ini diksi yang salah. 'Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk luar negeri,' kata Pak @jokowi. Maaf, Pak. Aneh," kicau @fauzanalrasyid.

Sementara @daprast meminta Jokowi untuk memberdayakan masyarakat agar dapat menciptakan dan membuat produk yang berkualitas dengan harga terjangkau. Jika sudah layak saing, dia yakni masyarakat akan beralih ke dalam negeri.

"Pertimbangan konsumen menggunakan produk dari luar negeri itu berlapis: kualitas, rasio kualitas dan harga, durabilitas, jaminan pascajual, reputasi merek, dan masih banyak lagi. Kalau keunggulan produk dalam negeri hanya karena 'buatan dalam negeri' ya sulit bersaing," ujar @daprast.

Adapun akun @republic_id menilai ajakan Jokowi adalah omong kosong. Dia justru menduga Indonesia akan kebanjiran produk asing pasca pernyataan itu.

"Pertanda sebentar lagi Indonesia akan kebanjiran produk asing. Omong kosong dia aja ini benci produk Luar Negeri," kicau @republic_id.

Sedangkan @adriCB8 mengaku sangat setuju dengan ajakan Jokowi. Namun, dia mengaku heran kenapa Indonesia mengimpor vaksin padahal ada vaksin yang dibuat di dalam negeri.

"Sangat setuju Pak ! Tapi Indonesia kan bisa produksi Vaksin merah putih/vaksin nusantara kenapa kok import dari sinovac china," kicau @adriCB8.



(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK