Kronologi Pemain Catur RI-GothamChess Sampai Pemblokiran Akun

M. Ikhsan | CNN Indonesia
Kamis, 04 Mar 2021 13:50 WIB
Ali Akbar, putra Dadang Subur mengatakan ia tidak terima akun ayahnya diblokir Chess.com. Ilustrasi bermain catur online. (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemain catur online asal Indonesia, Dadang Subur alias Dewa_Kipas diduga di-banned usai mengalahkan gamers catur online, Levy Rozman dikenal sebagai Gotham Chess, Selasa (2/3).

Beberapa momen membuat pendukungnya geram dan akhirnya berujung pelaporan massal pada akun Dewa_Kipas yang berujung banned akun tersebut.

Lewat postingan Ali Akbar, putra Dadang Subur mengatakan ia tidak terima akun ayahnya diblokir Chess.com. Ali menilai ayahnya memang memiliki keahlian dalam bermain catur dan dapat memenangkan pertandingan.


Berikut kronologi pertandingan Dadang Subur dengan gamer sekaligus Youtuber, Gotham Chess.

Kronologi pertandingan catur online

Lewat postingan Facebooknya yang kini telah dihapus, Ali menuturkan secara rinci pertandingan yang berakhir pemblokiran akun itu.

Ia mengatakan kebetulan ayahnya bertemu dengan sosok catur online populer Gotham Chess yang kerap menyiarkan langsung pertandingan lewat Twitch. Gotham seorang gamer yang memiliki 700 ribu pengikut di media sosial Youtube. Ia juga menyandang gelar Master Internasional dengan ELO 2400.

Kisruh bermula saat ayah Ali, Dadang Subur dinyatakan menang. Praktis sejumlah pendukung Gotham Chess menuding ayahnya melakukan kecurangan.

"Bapak gue menang para penonton Twitch ngambek, mereka nuduh-nuduh bapak gue curang," kata Ali.

Lebih lanjut Ali menduga para pendukung melaporkan massal akun Dewa_Kipas, dan akhirnya akun tersebut dikabarkan ditangguhkan pihak Chess.com.

Ali tidak terima akun ayahnya diblokir. Ali pun dihubungi pihak Gotham Chess untuk menyelesaikan masalahnya secara baik. Ia mengatakan kedua belah pihak akan mencapai kesepakatan kalau postingan di media sosial yang bernada negatif terkait ayahnya sudah dihapus.

"Besok gue akan bikin klarifikasi beserta kronologis lengkapnya. Ini semua hanya kesalahpahaman," ujar Ali.

Ali menyatakan bahwa ayahnya merupakan seorang pemain catur yang hebat. Ayahnya sempat mendapatkan juara satu turnamen catur Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada tahun 2005. Namun kini ayah Ali sudah pensiun dan hanya bermain secara online.

Berakhir damai

Kabar terbaru kisruh keduanya berakhir damai. Ali Akbar mengaku bahwa pihaknya sudah berdamai dengan GothamChess. Mereka tidak ada rencana untuk melakukan pertandingan ulang.

Ali yang dihubungi CNNIndonesia.com belum bisa merespons terkait insiden tersebut.

Kisruh pemain catur RI dan Gotham Chess sempat viral di media sosial. Nama Dewa_Kipas sempat trending dan didukung sejumlah netizen Indonesia.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER