Cara Pakai Telepon dan Video Call di WhatsApp Desktop

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 09:20 WIB
Fitur telepon dan video call di Whatsapp desktop belum sepenuhnya berfungsi saat diuji coba. Aplikasi Whatasapp dan Whatsapp web di desktop. (CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telepon dan video call di WhatsApp desktop yang diluncurkan diklaim dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi lebih jelas dengan layar yang lebih besar. Fitur baru dari WhatsApp juga diakui lebih aman karena sudah terenkripsi.

"WhatsApp dengan gembira mengumumkan bahwa panggilan suara dan video individual yang selalu privat dan aman sekarang tersedia di aplikasi WhatsApp Desktop," ujar WhatsApp melalui keterangan tertulis (4/3).

Tingginya pengguna fitur panggilan menjadi alasan platform itu menyematkan fitur panggilan dan video call pada WhatsApp desktop. Berdasarkan data yang dihimpun dari WhatsApp pada malam tahun baru 2021 pihaknya mencatat terdapat 1,4 miliar panggilan suara dan video dalam satu hari.


Beberapa langkah harus diketahui untuk dapat menggunakan panggilan suara dan video pada WhatsApp desktop. Di antaranya, PC atau laptop yang digunakan harus terhubung dengan microphone serta memiliki kamera yang disematkan pada perangkat. Langkah ini dapat menunjang fitur tersebut.

Panggilan suara dan video di WhatsApp juga terenkripsi secara end-to-end bisa digunakan mulai Windows 10 32 dan 64-bit version 1903 atau terbaru dan MacBook macOS 10.13 dan terbaru.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan Whatsapp di laptop bisa mengunduh aplikasi di link berikut https://www.whatsapp.com/download

Cara pakai telepon suara dan video dari Whatsapp desktop:

- Pastikan memiliki aplikasi WhatsApp desktop.
- Jika belum, unduh aplikasi WhatsApp desktop di MAC atau di PC pengguna lewat situs resmi WhatsApp.
- Buka unduhan dan instal aplikasi tersebut pada PC atau MAC Anda.
- Pastikan pengguna memiliki akun WhatsApp yang sudah diaktifkan dengan nomor seluler.
- Buka aplikasi WhatsApp desktop dan lakukan pemindaian pada kode barcode yang tersedia
- Jika sudah, pengguna akan dihadapkan dengan tampilan yang hampir serupa dengan WhatsApp web. Namun pada tampilan ini pengguna disediakan fitur panggilan video dan suara di kanan atas pada bagian kolom chat.
- Pengguna dapat langsung melakukan panggilan dengan mengetuk salah satu fitur tersebut, dan panggilan bisa langsung dilakukan dengan cara tersebut.

tangkap layar whatsapp desktopTangkapan layar WhatsApp desktop. (Foto: Tangkap Layar Whatsapp Desktop)

Berdasarkan uji coba yang dilakukan CNNIndonesia.com, Jumat (5/3), panggilan video melalui WhatsApp desktop belum bisa dilakukan karena aplikasi tidak dapat mendeteksi kamera video pada laptop.

Sedangkan fitur panggilan suara dapat dilakukan dengan kualitas suara yang cukup jelas dari pengirim dan penerima telepon. Pengguna akan melihat tampilan jendela yang terpisah ketika sedang menggunakan fitur panggilan suara.

Uji coba dilakukan dengan menggunakan laptop Micro-Star International (MSI) yang dilengkapi dengan Windows 10 65-bit.

Sementara pada MacBook Air, fitur telepon suara dan video dari Whatsapp desktop belum tersedia pada aplikasi WhatsApp desktop.

(can/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK