TIPS OTOMOTIF

Cara Mengetahui Posisi Tangki Bensin Tanpa Turun Mobil

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 12 Mar 2021 09:38 WIB
Anda tak perlu repot turun dari mobil untuk mengecek posisi tangki bensin. Berikut cara mengetahui posisi tangki bensin langsung dari panel instrumen. Anda tak perlu repot turun dari mobil untuk mengecek posisi tangki bensin. Berikut cara mengetahui posisi tangki bensin langsung dari panel instrumen. (iStockphoto/alperguzeler)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemilik baru atau orang yang baru pertama kali memiliki mobil biasanya kebingungan mengetahui letak lubang tangki bensin mobilnya. Hal ini bisa merepotkan pengemudi saat telah sampai dan berada di jalur mesin pompa bensin.

Ada rasa malu untuk keluar mobil sekadar mengecek letak tangki bensin.

Situasi ini bisa dihindari dengan membaca buku manual terlebih dahulu, namun kerap sekali diabaikan.


Tak perlu panik untuk memastikan letak tutup tangki bensin mobil karena Anda bisa mengetahuinya tanpa perlu melongok atau turun dari mobil.

Berikut cara mengetahui posisi tangki bensin dari panel instrumen.

Produsen mobil telah melengkapi indikator posisi tangki dengan menyertakan tanda panah sebagai cara mengetahui posisi tangki bensin.Saat mengantre di stasiun pengisian dalam keadaan kosong, Anda tak perlu keluar mobil. Tetap duduk di balik kemudi lalu perhatikan meter cluster atau panel instrumen yang berada dekat dengan spidometer pada bagian dasbor.

Jika tanda panah menghadap kiri, berarti posisi tangki mobil berada di sebelah kiri. Begitu pun sebaliknya, jika panah mengarah ke kanan maka tangki bensin ada di sisi kanan mobil.

Dengan demikian, pengemudi dapat mengetahui posisi tutup tangki bensin berada tanpa harus keluar dari mobil.


Posisi Tuas Pembuka Tangki

Pom BensinFoto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Posisi tuas pembuka tangki bensin mobil biasanya di bawah kanan kursi pengemudi.

Kebingungan selanjutnya bagi pemilik kendaraan adalah mencari tuas pembuka tutup tangki bensin.

Posisi tuas tangki berbeda pada setiap jenis mobil. Tapi secara umum posisi tuas berada di bagian bawah kanan kursi pengemudi.

Anda dapat dengan mudah menemukannya akan tetapi bagi awam perhatikan gambar logo pada tuas.

Pasalnya posisi tuas bensin bersebelahan dengan tuas kap mesin. Namun posisi tuas ini akan berbeda pada mobil-mobil kelas premium. Anda bisa bertanya kepada penjual mobil premium tersebut untuk penjelasan fungsi lainnya.

Itulah cara mengetahui posisi tangki bensin bagi Anda yang baru memiliki mobil dan bingung mengetahui letak posisi tangki. Semoga membantu.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER