TIPS OTOMOTIF

Rekomendasi Cara Pilih Mobil buat Pasangan Baru Menikah

CNN Indonesia | Sabtu, 27/02/2021 14:01 WIB
Membeli mobil bisa jadi kebutuhan penting buat pasangan muda yang baru menikah, namun memilih mobil yang cocok bisa jadi tak begitu mudah. Ilustrasi membeli mobil baru. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi pasangan muda yang baru menikah, mobil bisa saja menjadi kebutuhan penting. Namun sebelum membeli, ada baiknya melakukan berbagai persiapan termasuk memahami kriteria mobil pilihan untuk disesuaikan dengan isi dompet.

Membeli mobil bisa jadi pembelian terbesar seseorang dalam hidup, menikah kemungkinan meringankan beban ini sebab biayanya dapat ditanggung berdua. Memilih mobil yang cocok tak selamanya mudah atau sebaliknya, namun yang penting dipahami sesuai kebutuhan.

Berikut ini kriteria mobil untuk pasangan baru menikah menurut Lifepal.


Berdasarkan kapasitas penumpang

Mobil penumpang terdiri dari konfigurasi dua dan tiga baris jok. Pada mobil tiga baris pastinya dapat memuat penumpang lebih banyak, hingga tujuh orang, sedangkan mobil dua baris maksimal muat lima orang.

Pasangan baru menikah yang belum memiliki anak mungkin bisa memilih model lima penumpang atau jika punya kebiasaan mengajak keluarga besar jalan-jalan bisa memilih model tujuh penumpang.

Pilihan masuk akal untuk kebutuhan ini adalah produk Low Cost Green Car (LCGC) yang tersedia versi lima atau tujuh penumpang. Mobil di kelas ini merupakan termurah di Indonesia.

Selain LCGC pilihan lain bisa juga merujuk ke citycar atau hatchback.

Pilih Mobil Baru

Khusus bagi Anda yang awam otomotif, membeli mobil bekas bisa memunculkan risiko finansial. Hal itu disebabkan karena informasi riwayat penggunaan mobil bekas terbatas sehingga ada potensi butuh perbaikan besar dengan biaya tinggi.

Ketimbang membeli bekas dan menanggung risiko, ada pilihan membeli mobil baru agar bebas dari pengeluaran tak terduga.

Membeli mobil baru diimbau menyesuaikan kondisi finansial Anda saat ini. Bila harus mencicil usahakan tidak dalam jangka waktu lebih dari empat tahun. Usahakan juga cicilan bulanan tidak melebihi 35 persen dari total penghasilan bulanan.

Biaya kepemilikan

Kepemilikan mobil membutuhkan dana tidak sedikit. Selain harus siap biaya operasional, pemilik mobil juga mesti menyiapkan pembayaran pajak, perawatan berkala, dan biaya tak terduga.

Misalnya, semakin tinggi kapasitas mesin umumnya konsumsi bahan bakar membesar dan pajak tahunannya juga tinggi.

Nilai jual tinggi

Beberapa merek mobil memiliki nilai jual dalam kondisi bekas yang baik. Ini bisa jadi pertimbangan membeli mobil lalu punya rencana menggantinya dalam waktu tidak begitu lama.

Biasanya mobil yang laris atau sering terlihat di jalan raya punya nilai jual bagus, namun kondisi ini juga bisa terjadi pada mobil-mobil tertentu yang tidak begitu laku. Informasi mengenai hal ini bisa digali dari pemberitaan atau mengulik situs jual beli mobil.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK