Calon MPV Baru Hyundai Staria dan Spekulasi Dibuat di RI

CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 15:12 WIB
Hyundai merilis foto penggoda MPV baru yang dinamakan Staria, mobil ini menggunakan pintu geser dengan desain elegan pada kabin. Logo Hyundai. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hyundai telah merilis foto penggoda mobil bernama Staria pada pekan lalu sebagai calon Multi Purpose Vehicle (MPV) baru.

Dari foto tersebut Staria terlihat punya moncong tidak terlalu panjang yang mengingatkan pada desain mobil semi bonnet. Lalu pada bagian wajah ada lis lampu yang memanjang dari kanan ke kiri, kemudian bagian grill terlihat besar dan menyatu dengan bumper.

[Gambas:Instagram]


Dinilai dari bentuk pilar B dan C serta kaca jendela yang besar, kemungkinan Staria adalah mobil dengan pintu geser.

Pada kabin desainnya terasa elegan dari perpaduan warna interior cokelat dan hitam, ventilasi AC horizontal di dasbor, dan tidak terlihat ada tuas transmisi konvensional.

Kemudian ada juga layar monitor dasbor besar, kedua jok depan punya sandaran tangan, dan captain seat pada baris kedua.

Belum diketahui apakah desain pada foto sudah final atau belum. Hyundai dalam unggahannya di media sosial menjelaskan mobil ini 'MPV baru Hyundai, #Staria akan segera hadir'.

Hyundai juga belum mengungkap mengenai spesifikasi, namun dikatakan nama Staria diambil dari dua kata 'star' dan 'ria'

Spekulasi

Isu mengenai Staria sebelumnya sempat ramai sebab diduga akan diproduksi di pabrik Hyundai di Indonesia. Pabrik itu, yang hingga kini belum diresmikan, memang direncanakan menjadi basis produksi SUV, MPV, hingga mobil listrik Hyundai.

Bocoran Satria dengan status 'made in Indonesia' datang dari Filipina. Media setempat mengendus ada upaya ekspor mobil dari Indonesia yaitu Staria dan Creta 7-penumpang.

Creta 7 penumpang merupakan versi baru sebab sebelumnya SUV ini hanya muat lima penumpang. Mobil ini menurut autoindustriya.com pada awal Desember lalu bakal diproduksi di Indonesia pada kuartal empat 2021, lantas unit ekspor setir kiri mulai diekspor 2022.

Spekulasi lain menyebutkan Staria merupakan pengganti Starex. Di Indonesia, Starex adalah versi komersial dari MPV mewah berukuran besar H-1.

Isu Staria ini juga sudah direspons Hyundai Indonesia yang menjelaskan salah satu jenis mobil produksi perusahaan di dalam negeri adalah 'compact MPV'.

"Sesuai rencana Hyundai untuk pabrik manufaktur di Indonesia, salah satu jenis yang akan diproduksi termasuk compact MPV, tapi untuk modelnya yang mana masih belum diputuskan," kata Head Of Public Relations HMID Uria Simanjuntak kepada CNNIndonesia.com Kamis (10/12).

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK