LEGENDA OTOMOTIF

Kiprah Kijang di Indonesia, Mobil 'Abadi' Milik Toyota

CNN Indonesia | Jumat, 19/03/2021 19:56 WIB
Toyota Kijang menjadi salah satu mobil legendaris Indonesia yang tetap eksis hingga sekarang. Toyota Kijang. (Dok. Istimewa via detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Toyota Kijang menjadi salah satu mobil legendaris Indonesia yang tetap eksis hingga sekarang. Sejauh ini bisa dikatakan tak ada satu pun orang Indonesia yang tidak mengetahui mobil Kijang.

Kijang diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 1977 yang berarti mobil itu sudah mengaspal selama kurang lebih 44 tahun di dalam negeri.

Dalam situsnya, Toyota menyebut generasi pertama Kijang yang dirilis di Indonesia merupakan seri pikap dan bentuk serba kotak. Model ini sering dijuluki Kijang Buaya karena tutup kap mesin dapat dibuka sampai ke samping. Model ini punya tingkat lokalisasi komponen hingga 19 persen.


Mesin yang digunakan berkapasitas 1.200 cc dengan empat percepatan. Di atas kertas kecepatan maksimalnya mencapai 80 kilometer per jam. Total penjualan generasi ini mencapai 26.806 unit di seluruh Indonesia, mengutip Seva.

Empat tahun berselang, Toyota lantas merilis generasi kedua pada 1981. Mobil dengan kode rangka KF20 ini akrab sebagai Doyok, sehingga dikenal juga sebagai Kijang Doyok. Kandungan lokal pada mobil ini juga meningkat hingga mencapai 30 persen.

Lalu pada 1986, Toyota mulai merombak Kijang sehingga modelnya turut lebih modern. Bentuk Kijang generasi ketiga ini sudah berubah tak lagi mengotak mengikuti zaman. Banyak yang menyebut generasi ini sebagai Kijang Super dan mobil itu mulai diekspor.

Namun, pada masa akhir generasi III, Kijang banyak dikatakan memiliki seri khusus yang disebut sebagai Kijang Soeharto'. Seri ini muncul karena Soeharto (presiden kedua) dianggap memiliki andil dalam kelahiran Toyota Kijang di Indonesia.

Selanjutnya generasi ke-empat Kijang hadir pada 1997 dengan model yang diubah total baik dari sisi eksterior maupun interior.

Desain eksterior mobil ini lebih cembung dan terkesan gemuk. Banyak orang yang menyebut Kijang generasi ini dengan sebutan Kijang Kapsul.

Lama tak muncul, baru pada 2004 Toyota melahirkan versi terbaru Kijang. Kali ini tidak hanya bentuk yang diubah, melainkan Kijang memiliki nama resmi baru yakni Kijang Innova.

Model ini telah mengalami perubahan drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah.

Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama Innova.

Asal Mula Nama Kijang dan Andil Soeharto

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK