Nyoman Nuarta Pamer Desain Masjid Agung untuk Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Minggu, 04/04/2021 14:14 WIB
Seniman patung I Nyoman Nuarta mengunggah video di media sosial berisi desain Masjid Agung untuk ibu kota baru. Ilustrasi lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seniman patung I Nyoman Nuarta kembali menyita perhatian. Dia tampak mengunggah konsep desain Masjid Agung yang akan dibangun di Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, desain Masjid Agung di Ibu Kota baru karya Noyman Nuarta ditampilkan lewat video di Instragram @nyoman_nuarta. Video berdurasi 1,20 menit itu tampak menampilkan seluk beluk desain Masjid Agung di Ibu Kota baru.

[Gambas:Instagram]


Di awal video, Nyoman Nuarta memberikan keterangan bahwa bangunan itu merupakan gagasan. Tidak ada klaim dari Nyoman bahwa desain itu telah disepakati akan dibangun pemerintah di Ibu Kota baru.

Secara visual, desain Masjid Agung karya Nyoman berbeda dengan masjid pada umumnya. Tidak ada kubah yang biasanya ada di bagian atas Masjid. Bentuk bangunannya pun tampak unik, berbentuk melingkar.

Di antara Masjid Agung, tampak ada empat menara menjulang tinggi dengan bentuk meliuk. Warna dari bangunan hingga menara Masjid Agung didominasi putih.

Di bagian luar, tidak begitu banyak pohon yang berdiri. Namun, kondisi itu tampak membuat halaman masjid begitu luas.

Masuk ke bagian dalam, Masjid Agung karya Nyoman tampak megah. Tidak ada pilar yang menopang bangunan seperti kebanyakan desain Masjid. Bagian langit-langit di dalam ruangan itu pun tampak estetik.

Di salah satu sudut tampak jendela yang menjadi jalur masuknya udara ke dalam ruang Masjid Agung. Terdapat pula kolam yang cukup luas di bagian depan masjid.

Ketika malam hari, lampu taman berwarna kekuningan tampak menerangi bagian halaman Masjid Agung. Di akhir video, Nyoman tampak menuliskan kata terima kasih.

Sebelumnya Nyoman Nuarta mengklaim desain istana negara miliknya untuk ibu kota baru telah terpilih dari sayembara yang digelar Kementerian PUPR. Ground breaking istana negara ini diharapkan bisa terlaksana pada 17 Agustus 2024.

(pjs/fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK