Netizen Ramai Bully Desain Garuda Istana Negara Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Kamis, 01/04/2021 10:01 WIB
Netizen riuh usai Pemerintah Jokowi dikabarkan menyetujui desain Istana Negara berbentuk burung garuda yang akan dibangun di Ibu Kota baru. Ilustrasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Joko Widodo dilaporkan telah menyetujui desain Istana Negara yang akan dibangun di Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Desain itu diketahui lewat unggah akun Instagram milik Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa yang belakangan telah dihapus.

Pada unggahan itu, tampak bangunan Istana Negara yang baru berbentuk burung garuda. Desain itu merupakan karya seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta.

Desain Ibu Kota baru itu pun tak pelak menimbulkan polemik di media sosial Twitter. Sejumlah netizen tampak tidak sepakat dengan desain tersebut.


Salah satu akun yang berkomentar terkait desain itu adalah @yudiriksa. Dia menilai desain itu lebih cocok untuk karya seni.

"Melihat desain istana negara baru yang rame di berita jadi teringat ke atribut keraton agung sejagat. Rada gimana gitu, lebih cocok sebagai karya seni patung dibandingkan sebagai istana negara. Terlalu flashy bling-bling tring-tring haha," kicau @yudiriksa.

Sementara @gilanglagilang mengaku terkejut dengan desain itu. Dia sempat mengira desain istana itu untuk arkas sebuah sekte.

"melihat desain istana negara yang baru berbentuk burung dengan sayap terbentang oh aku kaget itu istana negara karena aku kira itu akan jadi markas sekte apa gitu," kicau @gilanglagilang.

Adapun @ABIRAFDA menegaskan polemik desain Istana Negara baru bukan salah I Nyoman Nuarta. Dia menyebut pihak yang harus bertanggungjawab atas desain itu adalah pejabat negara yang menilai bahwa desain itu akan disukai banyak orang.

"Polemik desain Istana Negara ini bukan salah Pak Nyoman Nuarta. Yang harus dicari ini harusnya orang di pemerintahan yang ngomong "Naahh ini niihh keren bentuknya millenial pasti suka garuda garuda gini"..... IAI juga kemana kok baru rame sekarang ~," kicau @ABIRAFDA.

Sedangkan akun @ajiriyantani menawarkan sejumlah alternatif desain Istana Negara baru. Dia berharap desain yang ditawarkannya bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah.

"karena desain istana negara untuk ibu kota yang baru banyak dikritik netizen, saya bikin beberapa alternatif mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi pemerintah," kicau @ajiriyantani.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi Menteri PPN Suharso Monoarfa, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas Subandi, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Krisno Yuwono, namun hingga berita ini diturunkan polemik desain garuda di ibu kota baru belum direspons.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK