Hummer Bakal Luncurkan Pikap dan SUV Listrik

CNN Indonesia | Senin, 05/04/2021 16:56 WIB
General Motors (GM) akan mengungkap model baru dari merek Hummer yang berbasis baterai untuk kendaraan listrik. Ilustrasi Hummer. (MATT CAMPBELL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

General Motors (GM) akan mengungkap model baru dari merek Hummer, namun kini dibuat berbasis baterai. Mobil tersebut akan berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), menemani pikap listrik yang sebelumnya sudah diperkenalkan perusahaan.

Pikap dan SUV Hummer EV akan menjadi salah satu kendaraan pertama dari GM yang menggunakan sistem kendaraan listrik. Ini juga sebagai upaya General Motors merealisasikan target yakni menjadi produsen kendaraan tanpa emisi pada 2035.

Model ini sekaligus mendobrak pakem kendaraan listrik yang hanya cocok digunakan di dalam kota.


SUV Hummer EV dikatakan lebih kecil dengan jarak sumbu roda sembilan inci lebih pendek daripada pikap. Namun sama seperti pikap Hummer EV, SUV tersebut akan tersedia dengan sistem penggerak empat roda (4WD).


Melansir CNN, model SUV juga akan memiliki kemampuan off road sehingga cocok digunakan pada medan-medan penuh rintangan. Di samping itu panel atap mobil dapat dilepas untuk memberikan pengalaman berkendara di udara terbuka. Panel yang dilepas tadi dapat disimpan pada ruang penyimpanan bawah kap.

Tergantung varian, SUV listrik Hummer akan didukung dua atau tiga motor listrik. Versi tiga motor dapat melepas 830 tenaga kuda. Sedangkan akselerasi diklaim akan dapat melaju dari nol hingga 96 km per jam hanya dalam 3,5 detik.

Kemudian paket baterai yang tersedia akan membawa mobil ini melaju sejauh 482 km dalam satu kali pengisian. Menurut perusahaan pikap GMC Hummer EV akan mulai diproduksi akhir 2021, tetapi model SUV belum akan tersedia hingga awal 2023.

Melansir The Verge, model SUV dengan tiga motor listrik ini kabarnya akan dijual US$110.595 atau sekitar Rp1,6 miliar, sementara versi lebih murah akan tersedia nanti yang perbedaannya pada jumlah motor listrik.

Versi dua motor dengan 625 tenaga kuda dan jangkauan lebih dari 402 mm akan tersedia pada tahun 2024 dengan harga mulai US$80 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar. Seorang juru bicara mengatakan mobil sudah dapat dipesan dengan memberi deposit US$100 (Rp1,4 juta).

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK