TIPS TEKNOLOGI

Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp di Android dan iPhone

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 17:03 WIB
Dark mode dirancang untuk memberikan kenyamanan pada mata saat mengakses WhatsApp dalam kondisi minim cahaya. Simak cara mudah aktifkan dark mode WhatsApp. Dark mode dirancang untuk memberikan kenyamanan pada mata saat mengakses WhatsApp dalam kondisi minim cahaya. Simak cara mudah aktifkan dark mode WhatsApp. (Foto: Screenshot via Aplikasi WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengikuti Instagram, WhatsApp menghadirkan fitur dark mode atau mode gelap. Dark Mode dirancang untuk memberikan kenyamanan pada mata saat harus mengakses WhatsApp dalam kondisi minim cahaya.

Cara aktifkan dark mode WhatsApp cukup mudah. Mode dark mode dapat digunakan gawai dengan sistem Android 9 dan 10, sementara untuk Apple menggunakan iOS 13.


Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di Android

Ilustrasi WhatsappFoto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Ilustrasi. Cara aktifkan dark mode WhatsApp di Android

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas terdapat perbedaan cara mengaktifkan dark mode WhatsApp.


Pada Android 10 cara mengaktifkan dark mode WhatsApp dilakukan melalui menu pengaturan sistem ponsel. Sedangkan pada Android 9 dan di bawahnya dark mode diaktifkan secara manual pada menu WhatsApp, berikut panduan langkahnya.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan layar.
  3. Pilih opsi menu 'Chat'.
  4. Kemudian pilih menu 'Tema'.
  5. Pilih opsi 'Gelap'.

Jika Anda gagal melakukannya, cek terlebih dahulu apakah Anda telah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp. Jika belum lakukan pembaruan WhatsApp terlebih dahulu untuk dapat menggunakan fitur dark mode dan fitur lainnya.

Sementara pada Android 10 dan di atasnya mode gelap dapat dilakukan pada menu pengaturan ponsel. Jika mengaktifkan mode gelap maka bukan hanya WhatsApp saja, aplikasi lain seperti Instagram juga akan dalam kondisi dark mode.


Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di iPhone

Logo aplikasi WhatsApp t pada sistem operasi IOS Iphone, Jakarta. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono.Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono
Ilustrasi. Cara aktifkan dark mode WhatsApp di iPhone

Bagi pengguna iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan diaktifkan di pengaturan sistem. Untuk pengguna iOS 13, berikut cara mengaktifkan dark mode WhatsApp.

  1. Buka menu Setting atau pengaturan.
  2. Pilih opsi Display & Brightness.
  3. Kemudian aktifkan mode malam atau Dark.

Setelah memilih mode gelap di pengaturan ponsel, WhatsApp akan otomatis berubah menjadi dark mode. Sebab, tidak ada pengaturan mode gelap manual WhatsApp untuk pengguna iPhone.

Demikian cara mengaktifkan dark mode WhatsApp yang dapat Anda coba.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK