Waktu yang Dibutuhkan Manusia untuk Sampai ke Bulan

CNN Indonesia | Sabtu, 10/04/2021 16:30 WIB
Banyak misi perjalanan dari bumi menuju Bulan yang telah dibuat. Tetapi cara menuju ke sana sangat bervariasi. Ilustrasi bulan. (AP/Charlie Riedel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bulan bersinar hampir setiap malam di atas kepala kita. Namun beberapa orang tidak mengetahui berapa jarak Bumi ke Bulan, hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai ke Bulan.

Pada tahun 2008, seorang pebinsis asal kelahiran London, Inggris Richard Branson menguraikan visinya di masa depan, yang dinamai Virgin Galactic. Visi itu merupakan keinginan untuk mengembangkan hotel di luar angkasa.

Turis akan dibawa ke orbit Bumi dan bersinggah di penginapan yang lokasinya berada di luar angkasa. Ia kemudian menyebut visi pertama di mulai dari Bulan.


Jika ingin melakukan perjalanan ke Bulan secara rutin untuk mengirim wisatawan ke sana, perjalanan dinilai harus cepat bahkan dengan waktu yang sesingkat mungkin.

Dikutip Howstuffworks, manusia dan mesin telah melakukan perjalanan bersama dalam beberapa kesempatan. Banyak misi perjalanan menuju Bulan yang telah dibuat. Tetapi cara menuju ke sana sangat bervariasi. Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh dalam perjalanan 380.000 kilometer.

1. Misi ke Bulan 1 Tahun

Misi ini disebut sebagai misi perjalanan paling lama. Meski begitu, misi ini menggunakan teknologi paling canggih yang pernah dikirim ke luar angkasa yakni misi SMART-1 ESA.

SMART-1 ESA diluncurkan pada 27 September 2003 dengan menggunakan mesin iOn revolusioner untuk mendorongnya sampai ke Bulan.

Dikutip Universe Today, SMART-1 perlahan berputar keluar dari Bumi untuk tiba di tujuannya dalam waktu 1 tahun 2 setengah bulan.

Tujuan utama dalam lambatnya perjalanan menuju Bulan yakni untuk menghemat bahan bakar. Pesawat itu hanya menggunakan 82 kilogram propelan xenon yang digunakan untuk menyelesaikan seluruh misi hingga tahun 2006.

2. Misi menuju Bulan 5 hari

Misi antariksa China Chang'e-1 diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang pada 24 Oktober 2007. Namun berada di orbit Bumi pada 31 Oktober untuk transit ke Bulan dan tiba di Bulan pada 5 November.

Namun berdasarkan penghitungan waktu yang tepat, Chang'e-1 membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk menempuh jarak dari Bumi ke Bulan menggunakan pendorong roketnya.

Disusul pada tahun 2010 Chang'e 2 diluncurkan pada 1 Oktober 2010. Tiba di orbit Bulan dalam waktu 4 hari 16 jam.

3. Misi menuju Bulan 36 jam

Misi tercepat ke Bulan pertama dilakukan oleh Uni Soviet, yakni Luna 1 pada tahun 1959.

Pada misi tersebut Luna hanya membutuhkan waktu 36 jam dengan kecepatan sekitar 6.500 mil per jam atau sekitar 10.460 kilometer per jam.

4. Misi menuju Bulan 8 jam

Pada tahun 2006 wahana antariksa milik NASA, New Horizons meluncur melewati bulan dalam perjalanan menuju Pluto.

Dalam perjalanan itu New Horizons tercatat melakukan perjalanan dan melewati Bulan hanya dalam waktu 8 jam 35 menit. Wahana antariksa itu meluncur dengan kecepatan 36.373 mil per jam atau setara sekitar 58.536 kilometer per jam.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK