TREN SAINS

Mengenal 10 Misi yang Ada di Planet Mars Saat Ini

CNN Indonesia | Minggu, 21/02/2021 03:37 WIB
Mengenal 10 misi yang saat ini beroperasi di Mars. Ilustrasi misi di Mars. (via REUTERS/NASA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Misi ke Mars biasanya di lakukan setiap dua tahun sekali. Sebab, Bumi dan Mars berada pada jarak terdekat satu sama lain setiap 26 bulan sekali.

Sehingga, momen ini dinilai sebagai waktu yang tepat karena perjalanan ke Mars bisa dilakukan lebih hemat waktu dan energi.

Oleh karena itu, berbagai negara telah mengirim misi ke Mars ketika jarak dengan Bumi berada di titik terdekat yang terjadi dua tahun sekali sejak 1960.


Saat ini, ada 10 pesawat ruang angkasa dari lima badan antariksa yang berbeda di Mars, baik yang mengorbit atau telah mendarat di Mars.

Misi Mars Amerika Serikat

Melansir Indian Express, Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) diketahui telah mengirim lima pesawat ruang angkasa dalam lima misi berbeda, yakni Mars Insight; Curiosity; Mars Reconnaissance Orbiter; Mars Odyssey; dan MAVEN. 

Mars Insight memiliki misi untuk meneliti secara mendalam struktur interior dan komposisi Mars. Mars Insight juga melakukan pengukuran cuaca harian, seperti suhu, angin, dan tekanan di permukaan Mars.

Misi Curiosity adalah untuk menjawab pertanyaan apakah Mars pernah memiliki kondisi lingkungan yang tepat untuk mendukung bentuk kehidupan kecil yang disebut mikroba.

Mars Reconnaissance Orbiter diluncurkan untuk mencari bukti bahwa air bertahan di permukaan Mars untuk jangka waktu yang lama.

Mars Odyssey memiliki misi membuat peta global pertama tentang jumlah dan distribusi unsur kimia dan mineral yang menyusun permukaan Mars.

MAVEN memiliki misi menjelajahi atmosfer atas, ionosfer, dan interaksi planet Mars dengan matahari dan angin matahari. MAVEN diharapkan memberikan wawasan tentang sejarah atmosfer, iklim, air, hingga kelayakhunian planet Mars, seperti dikutip laman NASA

Misi Mars Uni Eropa

Badan Antariksa Eropa (ESA) dilaporkan memiliki dua misi ke panet Mars, yakni Mars Express dan ExoMars Trace Gas Orbiter. 

Mars Express adalah misi mencari air di bawah permukaan dari orbit Mars. Tujuh instrumen ilmiah pada pesawat ruang angkasa yang mengorbit telah melakukan penyelidikan ketat untuk membantu menjawab pertanyaan mendasar tentang geologi, atmosfer, lingkungan permukaan, sejarah air, dan potensi kehidupan di Mars.

ExoMars Trace Gas Orbiter memilki misi untuk mencari bukti metana dan jejak gas atmosfer lainnya yang dapat menjadi tanda dari proses biologis atau geologi aktif di Mars.

Misi Mars China

Melansir Planetary, China dilaporkan sukses mengirim pesawat ruang angkasa ke Mars lewat misi Tianwen-1. Misi itu adalah untuk mencari kantong air di Mars yang dulu dilaporkan pernah ada. 

Uni Emirat Arab

Badan Antariksa UEA diketahui telah melucurkan pesawat ruang angkasa lewat misi yang dinamakan Hope. Misi Hope diharapkan bisa menjawab pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa Mars kehilangan atmosfernya.

Hilangnya atmosfer mengakibatkan hilangnya air permukaan dan kemungkinan lingkungan yang ramah untuk kehidupan.

India

India sudah memiliki orbiter di Mars yang diberi nama Mangalyaan-1. Misi ini memasuki orbit Mars pada 24 September 2014. Misi Mangalyaan India bertujuan untuk mempelajari atmosfer Mars. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi fitur permukaan Mars, mineralogi, morfologi, dan atmosfer dengan menggunakan instrumen ilmiah asli, seperti dilaporkan Business Standard.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK