Mobil Jenazah Pilihan Pangeran Philip, Land Rover Defender

CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 18:20 WIB
Pangeran Philip diberitakan sudah memilih mobil jenazahnya sendiri, dua bulan sebelum kepergiannya. Land Rover Defender. (www.landrover.co.uk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mobil jenazah khusus telah disiapkan sebagai pengantar jenazah Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth, yang akan dimakamkan pada Sabtu (17/4). The Drive, Minggu (11/4) melaporkan mobil jenazah itu adalah modifikasi Land Rover Defender 130 Gun Bus dan rupanya ini merupakan pilihan sang pangeran sendiri.

Diberitakan bahwa dua bulan sebelum Philip ulang tahun ke-100, dia sudah mempersiapkan segalanya. Philip dikatakan telah ikut merancang modifikasi Land Rover yang akan mengantarnya ke peristirahatan terakhir di Frogmore Gardens di kawasan Kastil Windsor.

[Gambas:Instagram]


Defender 130 Gun Bus disebut sudah dikirim ke istana pada 2016. Mobil ini tersedia dua unit, satu unit sebagai cadangan.

"Kami baru saja mengirimkan 130 Defender Gun Bus yang telah dibangun kembali ke Duke of Edinburgh untuk digunakan di salah satu Estates. Dibangun sesuai spesifikasinya dalam tradisional Deep Bronze Green ke standar 'mobil baru. Dibangun di atas sasis galvanis dan bodi belakang dibuat tangan," tulis unggahan di Facebook oleh Foley Specialist Vehicle pada 2016.

Land Rover Defender 130 Gun Bus yang sempat digunakan tentara Inggris punya berbagai kegunaan militer. Merek Land Rover sendiri memiliki hubungan jangka panjang dengan keluarga kerajaan.

Ayah Ratu Elizabeth, George IV, pernah dihadiahi Land Rover ke-100 pada 1948. Pada 2016, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip pernah berparade menggunakan Range Rover merah sembari melambai ke kerumunan.

Kemudian Pangeran Philip juga pernah mengalami pengalaman buruk pada 2019 saat mengendarai Land Rover LR2 lalu kecelakaan. Ia tidak mengalami cedera serius, namun melepaskan SIM-nya usai kecelakaan itu.

Cerita menarik lainnya sang ratu ternyata tidak memiliki SIM. Dia adalah satu-satunya penduduk Inggris yang diizinkan mengemudi tanpa SIM.

Mengutip AFP, Philip akan dimakamkan di Kapel St George, Kastil Windsor. Pemakaman akan disiarkan melalui televisi dan tidak dihadiri publik mengingat pandemi.

Philip meninggal pada usia 99 tahun. Kabar itu disampaikan oleh Istana Kerajaan Inggris Buckingham pada Jumat (9/4).

"Dengan rasa sedih yang mendalam, Yang Mulia Ratu menyampaikan suami tercintanya, Yang Mulia Duke of Edinburgh Pangeran Philip meninggal dunia," demikian isi pernyataan itu.

(ryh/fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK