Jokowi Ajak Jerman Bantu Wujudkan Indonesia 4.0

CNN Indonesia | Senin, 12/04/2021 20:33 WIB
Jokowi menyampaikan road map Indonesia 4.0 lewat transformasi digital di hadapan Kanselir Jerman Angela Merkel secara virtual.. Ilustrasi Jokowi bicara transformasi digital. (Biro Setpres/Lukas)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengajak Jerman untuk bekerja sama mewujudkan transformasi digital dan mewujudkan road map implementasi Indonesia 4.0. Hal itu ia sampaikan saat bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel secara virtual.

Jokowi menyampaikan ekonomi digital akan sangat berpotensi di masa mendatang. Ia mengajak Jerman untuk sama-sama bersiap menyambut industri masa depan itu.

"Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Indonesia sendiri telah menyiapkan road map implementasi Making Indonesia 4.0," kata Jokowi saat menghadiri Hannover Messe 2021 secara virtual, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (12/4).


Jokowi mengungkap tiga potensi Indonesia dalam tawaran kerja sama ini. Pertama, Indonesia punya modal sumber daya manusia melimpah karena bonus demografi pada 2030.

Kedua, Jokowi menyebut Indonesia telah melakukan reformasi struktural untuk memperbaiki iklim investasi. Menurutnya, hal itu ditandai dengan pengesahan Undang-undang Cipta Kerja.

Poin ketiga terkait ekonomi hijau. Jokowi menyebut dua negara punya visi yang sama dalam bidang itu. Indonesia, ucap Jokowi, punya potensi sumber daya alam untuk mendukung ekonomi hijau.

"Kanselir Merkel, kita harus melompat jauh keluar dari krisis, pulih, dan tumbuh lebih kuat. Saya yakin Indonesia dan Jerman dapat bermitra untuk keluar dari pandemi ini sebagai pemenang," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Merkel menyambut baik ajakan Jokowi. Menurutnya, Jerman dan Indonesia sudah menjadi mitra baik selama 70 tahun.

Merkel menerima pinangan Jokowi untuk bermitra di bidang digitalisasi dan transfirmasi teknologi. Ia berharap kedua negara bisa bekerja sama dalam bidang tersebut.

"Anda sudah cerita tentang transformasi dan pendidikan vokasi. Di masa depan, kami ingin jadi mitra erat untuk Indonesia untuk sama-sama menghadapi transformasi teknologi dan digitalisasi," ucap Merkel.

(dhf/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK