Microsoft Beli Nuance saat Pandemi, Perkuat Bisnis Kesehatan

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 07:55 WIB
Microsoft membeli Nuance, perusahaan kecerdasan buatan dan pengenal suara, di kala pandemi untuk memperkuat bisnis kesehatan mereka. Microsoft membeli Nuance, perusahaan kecerdasan buatan dan pengenal suara, di kala pandemi untuk memperkuat bisnis kesehatan mereka. (AFP/MARTIN BUREAU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft mengumumkan akan membeli perusahaan kecerdasan buatan (artificial intellegence/ AI) dan pengenal suara Nuance Communication di kala pandemi Covid-19, Senin (12/4). Pembelian ini dilakukan untuk memperkuat bisnis kesehatan untuk pelanggan enterprise (perusahaan besar) mereka.

Microsoft berencana membeli Nuance seharga US$16 miliar atau sekitar Rp234 triliun (kurs Rp14.619,5). Kedua perusahaan sebelumnya sudah menjadi rekanan sejak 2019 untuk melakukan otomasi pekerjaan administratif klinis, seperti dokumentasi berkas.

Microsoft juga tengah berusaha memperkuat bisnis cloud mereka di sejumlah industri, salah satu sektor yang diincar adalah kesehatan.


"Akuisisi ini membuat teknologi kami bisa digunakan langsung oleh para dokter dan pasien," jelas CEO Microsoft, Satya Nadella kepada para investor, seperti dikutip Reuter, Senin (12/4).

Microsoft meawarkan harga US$56 per lembar saham yang dimiliki Nuance. Harga ini lebih tinggi 22,86 persen dari harga penutupan saham terbaru Nuance. Saham Nuance naik 16,8 persen menjadi US$53,24 sekitar tengah hari setelah pengumuman dilakukan.

Nuance dikenal sebagai perusahaan yang menjadi perintis teknologi pengenal suara. Perusahaan ini juga membantu Apple meluncurkan asisten suara mereka, Siri.

Belakangan, perusahaan ini telah melipatgandakan layanan kecerdasan buatan untuk perusahaan enterprise dan kesehatan. Sebelumya, perusahaan ini sempat menjual sejumlah unit bisnis yang kurang menguntungkan.

"Di bawah kepemimpinan CEO Mark Benjamin kami yakin Nuance memiliki aset unik di bidang perawatan kesehatan (untuk) Microsoft," jelas Dan Ives, analis di Wedbush, Senin.

Microsoft menyebut, Benjamin akan tetap menjadi CEO Nuance dan akan melapor kepada Scott Guthrie, Wakil Presiden eksekutif Cloud & AI di Microsoft.

Saat ini Nuance beroperasi di 28 negara. dan melayani 77 persen rumah sakit A.S., memberikan solusi cerdas termasuk pengenalan suara klinis, transkripsi medis, dan pencitraan medis.

Perusahaan yang berbasis di Burlington, Massachusetts, AS, melaporkan pendapatan US$1,5 miliar pada tahun fiskal 2020.

Pembelian Nuance akan jadi pembelian terbesar kedua Microsoft setelah akuisisi LinkedIn. Pada 2016, Microsoft membeli LinkedIn seharga US$26,2 miliar.

Kesepakatan itu menyusul akuisisi Microsoft sebelumnya atas perusahaan game ZeniMax Media senilai US$7,5 miliar baru-baru ini. Microsoft juga disebut sedang dalam pembicaraan untuk membeli platform perpesanan Discord, yang juga memungkinkan diskusi audio secara langsung semacam Clubhouse.

(eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK