TIPS TEKNOLOGI

Cara Sopan Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Menyinggung

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 12:43 WIB
Jika Anda sungkan keluar grup WhatsApp, simak cara sopan keluar dari grup WhatsApp yang bisa dilakukan untuk mengurangi salah persepsi antaranggota grup. Jika Anda sungkan keluar grup WhatsApp, simak cara sopan keluar dari grup WhatsApp yang bisa dilakukan untuk mengurangi salah persepsi antaranggota grup. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grup chat dalam sebuah aplikasi tukar pesan bukanlah hal baru. Jauh sebelum ponsel berkembang menjadi smartphone, grup chat lebih dulu hadir pada layanan pesan seperti Yahoo Messenger dan sejenisnya.

Seiring perkembangan teknologi, layanan tersebut hadir dalam bentuk aplikasi, yang semakin mudah, efisien, dan praktis digunakan.

Hadirnya aplikasi WhatsApp dengan grup chatnya sontak membuat pengguna berbondong-bondong membuat grup chat.


Saking maraknya, tanpa sadar Anda diundang ke dalamnya dan menimbun banyak grup sekaligus dalam aplikasi WhatsApp.

Trefik grup yang aktif dan ramai sering kali membuat tak nyaman karena banyaknya pesan yang masuk, baik berupa foto, dokumen, video, yang tak jarang tidak bermanfaat.

Meski telah membisukan grup namun rentetan pesan yang masuk tersebut membuat kuota internet lebih boros. Selain itu, baterai ponsel juga akan cepat habis dan memakan memori ponsel.

Namun masalahnya kebanyakan orang sungkan keluar dari grup karena berbagai hal. Akan tetapi, ada cara sopan keluar dari grup WhatsApp yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi salah persepsi antaranggota grup.

1. Berikan alasan sejujurnya

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa
Ilustrasi. Memberi alasan jujur dan jelas adalah cara sopan keluar dari grup WhatsApp. 

Jujur dalam konteks ini bukanlah menyinggung atau menjelekkan seseorang, namun lebih memberikan alasan seperti mengganggu produktivitas kerja.

Kemudian Anda bisa menambahkan alasan teknis seperti ponsel jadi cepat panas, menghabiskan kuota lebih cepat, terlalu banyak grup WhatsApp, ponsel lemot, dan lain sebagainya.

2. Tolak secara halus

Saat diundang ke dalam grup yang tidak Anda kehendaki ada baiknya Anda menyapa anggota lain atau dengan kata lain basa-basi dulu untuk kemudian pamit dari grup.

Lebih baik menjelaskan secara terbuka ketimbang bertukar pesan secara pribadi atau japri dengan admin grup.

WhatsApp Luncurkan Mute Chat SelamanyaFoto: Dok. WhatsApp
Ilustrasi. Mute Chat Selamanya adalah opsi 'keluar' dari grup WhatsApp tanpa menyinggung anggota di grup.

3. Bisukan grup WhatsApp selamanya

Cara sopan keluar dari grup WhatsApp berikutnya adalah menonaktifkan grup tanpa meninggalkannya.

Meski tidak benar-benar keluar dan tetap masih menjadi bagian dari grup tersebut, namun Anda tidak lagi menerima pemberitahuan yang mengganggu saat ada pesan masuk dalam grup.

Untuk melakukannya, tekan tahan grup yang dipilih. Ketika muncul pilihan mute notification atau mengaktifkan fitur bisu, pilih opsi 'selalu'.

Dengan demikian, Anda tidak akan terganggu dengan banyaknya pesan grup yang masuk serta terhindar dari rasa tidak enak kepada anggota grup.

Itulah cara sopan keluar dari grup WhatsApp tanpa membuat kegaduhan dan lebih bisa dimengerti anggota lain.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK