Operator Seluler Yakin Trafik Internet Naik di Ramadan 2021

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Selasa, 13/04/2021 18:00 WIB
Penyedia jasa telekomunikasi memprediksi terjadi kenaikan trafik selama bulan Ramadan 2021. Ilustrasi kenakain pemakaian jaringan internet selama bulan Ramadan 2021. (Foto: (dok. Samsung))
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyedia jaringan di Indonesia optimistis penggunaan layanan trafik akan mengalami kenaikan meski sebagian masyarakat WFH (work from home) dan ada larangan mudik 2021.

Penyedia jasa telekomunikasi, Telkomsel memprediksi terjadi kenaikan trafik layanan broadband tumbuh sebesar 8,54 persen serta trafik layanan panggilan suara dan SMS akan meningkat 3,14 persen dan 2,95 persen pada bulan Ramadan 2021.

"Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021," ujar Telkomsel.


Lebih lanjut ia menjelaskan proyeksi itu didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital, untuk menunjang keseharian.

Pihaknya menjelaskan untuk pengamanan operasional jaringan akan difokuskan di wilayah residensial seperti rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, serta area layanan publik lainnya.

Telkomsel juga telah menjalankan penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan menambah 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps.

Selain itu juga menambah 263 unit BTS 4G/LTE baru dan telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS di lebih dari 50 kota.

Menurut perusahaan pada uji jaringan yang dilakukan tahun ini total jarak tempuh dari inisiatif pengujian jaringan tersebut mencapai 15.135 km yang meliputi 57 ruas tol termasuk sejumlah ruas yang baru beroperasi di seluruh wilayah di Indonesia.

"Berdasarkan kegiatan uji jaringan tersebut, secara umum Telkomsel mencatatkan hasil "BAIK" di tiap parameter performa," ujarnya.

Di samping itu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi Smartfren Telecom memprediksi adanya kenaikan trafik data yang tumbuh 24,5 persen di tahun ini, terhitung dari bulan Maret 2020 ke bulan April 2021.

"Kemungkinan besar bisa lebih tinggi karena masih berlanjutnya pandemi Covid-19," ujar VP Network Operation Smartfren, Agus Rohmat melalui keterangan tertulis (12/4).

Seiring prediksi tingginya trafik pengguna, pihaknya mengklaim telah meningkatkan kapasitas dan jangkauan hingga 20 persen dari tahun sebelumnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Smartfren menyediakan 58 mobile combat yang beroperasi 7x24 jam. Antisipasi inilah yang kini sedang disiapkan Smartfren untuk memberikan layanan data yang optimal bagi pelanggannya selama bulan puasa.

Dihubungi terpisah, Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses memprediksi trafik jaringan akan tumbuh 10 persen selama ramadan 2021 dibandingkan dengan hari biasa.

"Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat lagi hingga 20 persen saat masuk di masa libur lebaran," ujar David melalui keterangan tertulis (8/4).

Untuk itu pihaknya menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik dengan menambah kapasitas hingga 200 persen dibandingkan kapasitas harian.

Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. Karena kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat lebaran akan menjadi acuan untuk memperkuat jaringan di wilayah pemukiman.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK