Vivo Dominasi Pasar Smartphone di China

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 19:48 WIB
Vivo berhasil melumat Oppo setelah pandemi Covid-19 berhasil terkendali di China. Vivo berhasil merajai pasar smartphone di China. (Foto: Vivo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vivo dilaporkan berhasil mendominasi pasar smartphone di China. Laporan terbaru dari Counterpoint, Vivo berhasil melumat Oppo setelah pandemi Covid-19 berhasil terkendali di China.

Bulan Maret, laporan serupa menunjukkan bahwa OPPO menjadi merek nomor 1 smartphone untuk pertama kalinya pada bulan Januari 2021. Sekarang, Vivo telah mengambil gilirannya untuk melompat di depan OPPO berkat kehadira Vivo model Y dan S.

Melansir Gizmo China, Vivo memegang posisi teratas dengan pangsa pasar 24 persen dibandingkan dengan OPPO 21 persen dan Huawei 15 persen pada 28 Maret 2021 (Minggu 13). Pada laporan terakhir, Vivo juga telah hampir meningkatkan pangsa pasarnya sebesar 4 persen sejak Januari.


Dalam laporan itu, Vivo juga menyertakan sub-merek iQOO. Sedangkan OPPO tidak termasuk realme dan OnePlus . Demikian pula, pangsa Huawei, yang memimpin pasar smartphone pada tahun 2021, tidak termasuk HONOR.

Di sisi lain, Huawei telah berusaha untuk mencuri pangsa pasarnya yang hilang. Namun, laporan itu mengatakan bahwa 76 persen dari penjualan Vivo pada Februari 2021 terkait dengan produk 5G.

Salah satu produk yang membantu Vivo menjadi penguasa di China adalah berkat kehadiran perangkat 5G seperti Vivo Nex 3.

Selain itu, Vivo juga memposisikan jajaran produknya dengan sangat baik dengan seri NEX, X, S, Y. Seri NEX dan X adalah andalan dengan peningkatan kamera (seperti ZEISS tie-up) sedangkan dua yang terakhir adalah perangkat yang harganya lebih terjangkau.

Belum lagi iQOO telah berkembang dengan lebih fokus pada pasar online. OPPO, di sisi lain, memiliki perangkat unggulan Reno dan kelas menengah A.

Maret 2021, Oppo berhasil menjadi merek smartphone terlaris di China untuk pertama kalinya. Laporan Counterpoint menyebutkan bahwa Oppo berhasil merebut 21 persen pasar smartphone terbesar dunia pada Januari, mengungguli Vivo dan Huawei yang sama-sama meraih 20 persen mengutip The Verge.

Apple dan Xiaomi melengkapi lima besar dengan masing-masing 16 persen.

Penjualan Oppo naik 26 persen tahun ke tahun dan meningkat 33 persen dari bulan sebelumnya. Counterpoint mengatakan bahwa seri Reno 5 baru memiliki peluncuran yang sukses karena menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah daripada Reno 4 sebelumnya.

(jps/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK