TIPS OTOMOTIF

Tips Aman Berkunjung ke Pameran Otomotif di Tengah Pandemi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 19:50 WIB
Pihak penyelenggara sudah mematuhi protokol kesehatan dengan membatasi pengunjung sebanyak 25 persen untuk menghindari potensi penularan Covid-19 dalam ruangan. IIMS 2021 digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-25 April 2021. (Foto: ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah kurang lebih satu tahun vakum akibat pandemi corona (Covid-19), Indonesia akhirnya kembali menyelenggarakan pameran otomotif tatap muka melalui Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 15-25 April 2021.

Pameran ini diharapkan menjadi momentum untuk menggerakkan roda ekonomi nasional dari sisi industri otomotif.

Namun, kehadiran pameran di tengah pandemi tentu bukan sesuatu yang biasa. Masyarakat tetap harus memperhatikan sejumlah hal penting yang berkaitan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan selama pameran.


Pihak penyelenggara sendiri sudah mematuhi protokol kesehatan dengan membatasi pengunjung sebanyak 25 persen dari kapasitas normal. Kondisi itu untuk menghindari potensi penularan Covid-19 di dalam ruangan.

Berikut tips mengunjungi pameran otomotif di tengah pandemi:

Persiapan penting sebelum ke pameran

Datang ke pameran saat pandemi harus melakukan sejumlah ritual. Pertama persiapkan 'perbekalan' sebagai upaya menjaga Anda dan keluarga tetap aman saat berkeliling di pameran.

Bawa hand sanitizer, masker, dan bila perlu face shield untuk mencegah droplet sebagai media penularan. Persiapan lainnya, yakni Anda dapat melakukan pemesanan tiket bakal pameran secara online.

Di samping itu Anda juga perlu menyesuaikan busana dan alas kaki yang sesuai dan nyaman digunakan. Perlu diketahui pameran otomotif identik dengan dinginnya suhu ruangan, selain itu luasnya area pameran juga mengharuskan kita siap untuk berjalan kaki cukup jauh.

Maka disarankan menggunakan sepatu dan membawa jaket jika suatu saat diperlukan. Di masa pandemi tidak dianjurkan membawa anak dengan usia di bawah lima tahun.

Penting juga buat Anda untuk mengisi baterai gawai atau kamera untuk mengabadikan momen-momen unik yang akan ditemui selama mengunjungi pameran.

Cek rute ke lokasi pameran

Penting buat Anda mengetahui rute tercepat menuju lokasi pameran. Sebab itu kita dapat memanfaatkan aplikasi pencarian jalan seperti Waze atau Gmaps untuk menghindari kemacetan jika ingin bertolak ke pameran.

Jika ingin menggunakan transporyasi masal, pilih angkutan umum yang sesuai dengan lokasi pameran. Hitung-hitung juga biaya yang akan dikeluarkan jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Buat rencana belanja

Sebaiknya kenali dahulu peserta pameran otomotif. Gali info apapun yang menyangkut promo, diskon atau bonus menarik untuk mobil, motor, dan aksesori pendukungnya. Perlu dipahami karena seringkali promo ini tidak ditawarkan lagi di luar periode pameran.

Sebelum wara-wiri di area pameran, perlu dipahami tata letak dari pameran ini apalagi jika sudah memiliki tujuan khusus pada stan tertentu. Denah atau tata letak peserta pameran biasanya ada di depan pintu masuk.

Terapkan prokes ketat

Terakhir selalu terapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan tetap menggunakan masker saat di pameran. Bagi Anda yang tengah berpuasa, di lokasi juga tersedia tempat beribadah dan titik penjual makanan untuk Anda beli saat waktu berbuka tiba.

(ryh/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK