Keluhan Soal SIM Online, Rating Aplikasi Sinar 2 Bintang

fea, CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 13:17 WIB
Berbagai netizen dalam ulasan aplikasi Digital Korlantas Polri mengeluh soal tak mendapat SMS kode OTP, tak bisa log in, gagal verifikasi e-KTP dan RPC Timeout. Petugas menunjukkan aplikasi SIM Nasional Presisi Korlantas Polri (Sinar) saat peluncurannya untuk guna perpanjangan SIM secara daring di Jakarta, Selasa (13/4/2021). (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aplikasi Digital Korlantas Polri yang memiliki layanan perpanjangan SIM bernama Sinar (SIM Nasional Presisi) mendapat banyak kritikan di Play Store. Saat halaman unduh aplikasi diakses pada Senin (19/4) pukul 12.30 WIB, rating aplikasi ini tertulis 2.0 dari nilai sempurna 5.0.

"Tampilan antarmuka bagus," kata salah satu akun yang mengulas aplikasi ini.

"Namun: 1. Tidak responsif, aplikasi seperti tersendat dan lamban. 2. Tidak berguna, tujuan utama layanan digitalisasi tidak tercermin dari cara kerja aplikasi ini (jangan lihat saya seperti itu, aplikasi ini tidak bekerja sama sekali). 3. Berhenti melakukan peresmian besar untuk mengumumkan sebuah aplikasi," tulis pengulas itu lagi yang memberikan 1 bintang dan tulisannya mendapatkan 32 likes.


Korlantas Polri terlihat aktif menanggapi ulasan dari netizen terkait aplikasi ini.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Silahkan mengupdate aplikasi Digital Korlantas POLRI Anda dan mencobanya kembali secara berkala. Apabila masih ada isu, mohon mengirimkan email ke [email protected] agar kami dapat membantu menyelesaikan isu yang Anda alami. Korlantas POLRI akan meningkatkan kualitas aplikasi ini. Terima kasih," bunyi tanggapan Korlantas Polri.

Berdasarkan berbagai ulasan yang memberikan 1 bintang, masalah netizen terkait aplikasi ini terkait tak mendapat SMS kode OTP (one-time password) saat registrasi, tak bisa log in, gagal verifikasi e-KTP, dan 'RPC Timeout'.

Sementara itu tidak sedikit juga yang memberikan 5 bintang, di antaranya mengatakan berhasil melakukan verifikasi, bahkan ada yang mengatakan tinggal menunggu proses pengiriman SIM oleh Pos Indonesia.

"Setelah 3 hari mencoba dan terdapat beberapa kendala, akhirnya proses perpanjangan SIM C saya berhasil dan menunggu proses kirim PT POS. Untuk yang belum berhasil mungkin dapat mencoba pada malam hari, saya melakukan prosesnya pada pukul 23:00 dan sangat lancar. Memang hanya terdapat 3 POLDA metroja...," tulis salah satu pengulas.

Menurut data di Play Store, aplikasi Digital Korlantas Polri terakhir kali update pada 14 April 2021, sehari setelah diluncurkan. Ukuran aplikasi ini sebesar 32 Mb dan sudah diinstal sebanyak lebih dari 100 ribu kali.

Korlantas Polri punya situs khusus untuk aplikasi ini, yakni digitalkorlantas.id, yang bisa menjelaskan dan mungkin memberi jawaban seputar masalah Digital Korlantas Polri atau layanan Sinar.

Aplikasi Digital Korlantas Polri berikut layanan Sinar meluncur pada 13 April. Sejauh ini aplikasi baru tersedia di Play Store untuk ponsel Android, belum ada di App Store buat iOS.

Sinar sekarang hanya bisa melayani perpanjangan SIM, sebagian proses pengurusannya bisa dilakukan online via gawai di mana pun. Korlantas Polri menjelaskan unduhan di App Store dan proses pembuatan SIM baru segera tersedia.

(fea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK