Penjualan HP Samsung Tekuk iPhone dan Xiaomi Kuartal I 2021

CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 11:38 WIB
Pengiriman smartphone di kuartal I tahun 2021 diklaim mengalami peningkatan tertinggi sejak 2015 imbas pandemi Covid-19. Ilustrasi penjualan ponsel. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Strategy Analytics melaporkan 5 ponsel paling laris di pasar global pada kuartal I tahun 2021. Analisis disimpulkan berdasarkan jumlah pengiriman ponsel. Hasilnya, Samsung menjadi pemenang karena menjadi pemasok perangkat seluler terbesar di dunia.

Pengiriman ponsel pintar di tahun ini dinilai memiliki peningkatan tertinggi sejak 2015, naik 24 persen. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kerja jarak jauh dan pembelajaran online yang meningkatkan penjualan gawai.

Berdasarkan penghitungan yang dibeberkan oleh para analis, pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan raksasa Korea Selatan, Samsung berjumlah 77 juta unit. Hal ini hampir menguasai seperempat pasar atau 23 persen pada kuartal 1 tahun 2021.


Meski penjualan iPhone 12 terbilang sukses pada kuartal keempat tahun lalu, Apple berada di urutan kedua dengan mengirimkan 57 juta unit iPhone di seluruh dunia, merebut pangsa pasar global yakni 17 persen.

Pada posisi tiga disusul oleh produsen ponsel asal China, Xiaomi yang telah berhasil meningkatkan pasokan perangkatnya hingga 80 persen dari tahun ke tahun.

Dikutip Giz China, pangsa pasarnya sekitar 15 persen dan secara kuantitatif terdiri dari 49 juta perangkat.

Selanjutnya pada posisi keempat dan kelima ditempati oleh Oppo dan Vivo dengan masing-masing pengiriman sebanyak 38 juta dan 37 smartphone. Hal itu berarti menguasai 11 persen dari pangsa pasar.

Meski begitu, analisis melaporkan bahwa pada kuartal I tahun ini tercatat bahwa pertumbuhan tertinggi adalah Vivo yakni 85 persen selama setahun. Hal ini dinilai indikator terbaik di antara semua produsen ponsel.

Namun Huawei diprediksi masuk dalam produsen ponsel yang merugi dan tidak masuk dalam jajaran 5 besar produsen smartphone terlaris. Menurut para ahli, pengiriman Huawei pada kuartal I hanya 20 juta unit saja.

Sementara jumlah pengiriman ponsel secara global di tahun ini mencapai 340 juta smartphone. Bisa dibayangkan Huawei hanya menyumbang kurang dari 10 persen dari pangsa pasar.

Selama tiga bulan terakhir, pasar China telah berkembang sangat aktif dengan menyumbang 94 juta smartphone yang menyumbang hampir sepertiga dari total pasokan smartphone dunia.

Dikutip Gadgets 360, secara global 5 perusahaan teratas mengambil 76 persen pangsa pasar pada kuartal 1 2021, yang pada tahun sebelumnya hanya menoreh angka 71 persen.

"Pasar ponsel cerdas China memiliki kuartal yang sensasional yang didorong oleh kesuksesan produk 5G di berbagai tingkatan harga," ujar Linda Sui, Direktur Senior, Strategy Analytics.

(can/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK