Tips Beli Smartphone Bekas Usai THR Lebaran 2021 Cair

CNN Indonesia
Kamis, 29 Apr 2021 07:37 WIB
Membeli ponsel atau smartphone bekas jadi salah satu pilihan bagi sebagian orang untuk menghabiskan uang Tunjangan Hari Raya (THR) 2021. Ilustrasi hp bekas. (CNN Indonesia/ Safir Makki)

Saat Anda menerima ponsel yang Anda pesan, disarankan untuk meluangkan waktu beberapa jam untuk melakukan pemeriksaan, guna memastikan ponsel yang Anda pesan sesuai dengan kondisi di deskripsi penjualan.

Disarankan untuk memeriksa fitur seperti kamera, layar sentuh, perekam suara, fungsi video, buku catatan, papan tombol, pengatur waktu, aplikasi , penyimpanan, provider, WiFi dan berbagai detail lainnya.

Pastikan ponsel dapat bertahan dalam kisaran suhu dan mengisi daya secukupnya untuk penggunaan aktif hingga satu hari. Selain itu disarankan buka mode diagnostik untuk melihat apakah perangkat keras berfungsi dengan benar.


4. Periksa perangkat lunaknya

Agar ponsel bekas sesuai dengan standar saat ini, ponsel tersebut harus kompatibel dengan aplikasi dan sistem operasi terbaru. Hal ini dinilai penting pada perangkat Android yang terus diperbarui dan berkembang secara cepat dalam kurun waktu dua tahun.

Dikutip Gazelle, jika Anda membeli ponsel Android bekas, jangan biarkan lebih dari dua bulan tanpa pembaruan Operating System (OS).

5. Pastikan ponsel yang dibeli tidak terkunci

Jika Anda memilih untuk membeli telepon dari sumber operator lain, pastikan perangkat yang Anda beli tidak terkunci pada operator seluler tertentu.

Tidak semua smartphone bekas akan berfungsi dengan operator Anda. Meskipun beberapa model dapat dibuka aksesnya. Disarankan untuk memastikan ponsel yang Anda pilih memiliki frekuensi optimal untuk mengakomodasi provider Anda.

Cara mudah untuk menghindari ponsel yang terkunci provider tertentu ialah dengan mencari smartphone multi-merek yang tidak terkunci. Dengan begitu Anda tidak akan bermasalah dengan operator seluler.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER