TIPS OTOMOTIF

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Tertipu saat THR Cair

CNN Indonesia | Rabu, 28/04/2021 15:13 WIB
Jika ingin membeli mobil bekas dengan uang THR yang baru cair, kita harus cek secara mendetail agar pembelian tak berujung menyesal. Ilustrasi mobil bekas. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kita dapat memanfaatkan tunjangan hari raya atau THR untuk membeli berbagai kebutuhan, termasuk urusan beli mobil. THR memang biasanya menjadi situasi paling dinanti jelang lebaran sebab pendapatan kita akan berlipat dari biasanya.

Ada dua jenis mobil yang dapat kita beli saat THR cair, pertama kondisi bekas dan kedua yang baru. Tinggal bagaimana kita menyesuaikan dana di kantong dengan mobil yang hendak dibeli.

Tapi jika ingin membeli mobil bekas, tentu ritualnya berbeda. Kita harus melakukan berbagai pengecekan secara mendetail agar pembelian tak berujung menyesal. Berikut tips buat Anda sebelum beli mobil bekas:

Hindari Beli Mobil Bekas Banjir

Beli mobil bekas jangan cuma terperdaya penampilan kendaraan incaran yang terlihat mulus, tapi menyimpang petaka di dalamnya.

Hal ini yang biasanya tergambar pada mobil-mobil bekas banjir. Untuk itu kita harus melakukan pengecekan rutin untuk memastikan agar mobil itu bebas banjir. Caranya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Perlu diketahui bila membeli mobil belas banjir, ujungnya pasti akan menyesal sebab kerusakan yang terjadi dikemudian hari sukar diprediksi. Biasanya juga pembeli akan sering mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan mobil bekas banjir.


Jangan beli mobil yang pernah tabrakan

Hindari membeli mobil bekas tabrakan, terlebih kerusakannya sampai mengenai komponen inti seperti sasis.Mobil yang pernah tabrakan walau telah dilakukan perbaikan menyeluruh akan jadi point negatif. Mulai dari bekas las pada sasis, hingga dempul pada body.

Cek rekam jejak servis

Sebaiknya pilih mobil bekas yang rutin melakukan perawatan di bengkel resmi. Keuntungannya kita dapat mengetahui rekam jejaknya lewat buku servis. Anda juga dapat yakin dengan performa mesin usai melihat service record.

Cek surat- surat

Pilih juga mobil dengan surat-surat yang lengkap. Bila perlu ada persuratan tambahan selain BPKB dan STNK, seperti buku panduan, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, dan polis asuransi. Untuk memudahkan Anda, coba cari kendaraan yang sebelumnya tidak pernah menunggak pajak.

Pembayaran

Sesuaikan pembelian mobil dengan isi THR yang hendak diperoleh. Pastikan cara pembayarannya sebab pembelian mobil bekas tidak cuma bisa dilakukan tunai, melainkan juga kredit.

Sebagai tambahan, sebelum membeli ada baiknya melakukan test drive untuk mengetahui kekurangan mobil incaran.

(ryh/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK