Cara Beriklan di Facebook Ads bagi Pebisnis Pemula

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 07:03 WIB
Simak cara beriklan di Facebook melalui Facebook Ads untuk meningkatkan potensi usaha Anda. Simak cara beriklan di Facebook melalui Facebook Ads untuk meningkatkan potensi usaha Anda. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook tak sekadar dimanfaatkan untuk kebutuhan berjejaring sosial. Kemampuannya menjangkau pengguna secara luas menjadikan Facebook sebagai peluang bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan baru dan memasarkan produk.

Untuk meningkatkan potensi usaha, Facebook lantas memfasilitasi melalui Ads yang mampu menjangkau pengguna secara global dan turut dipasarkan dengan platform Facebook lainnya.

Cara beriklan di Facebook menuntut Anda untuk jeli membaca setiap peraturan, biaya pasang iklan, cara mendaftar, keuntungan, dan lain sebagainya.


Dalam membantu memasarkan produk pengguna, Facebook membuat jenis format iklan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna dan tujuan dan tempat iklan akan ditampilkan.

Adapun jenis iklan yang ada di Facebook meliputi, gambar, video, carousel, instant experience, dan koleksi.


Cara Beriklan di Facebook Ads

ilustrasi FacebookIlustrasi. Cara beriklan di Facebook melalui Facebook Ads (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Langkah pertama dalam memulai beriklan di Facebook adalah mendaftar pada Facebook bisnis. Jika belum punya, klik https://business.facebook.com/ untuk membuat akun Facebook Ads.

Setelah memiliki akun Facebook Ads, Anda bisa langsung menuju laman Facebook Ads Manager, kemudian ikuti tahapan berikut ini.

  1. Setelah sukses mendaftar akun Facebook bisnis klik Campaign.
  2. Kemudian klik Create.
  3. Anda akan disuguhkan dengan 10 pilihan pemasaran berdasarkan tujuan iklan yang ingin dicapai. 10 pilihan itu antara lain: Brand Awareness, Jangkauan, Penginstalan Aplikasi, Lalu Lintas, Penciptaan Prospek, Pesan, Interaksi, Tayangan Video, Kunjungan Toko, dan Catalog Sales.
  4. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Baca dengan saksama setiap pilihan pemasaran agar tujuan bisnis dapat tercapai.
  5. Setelahnya beri nama Kampanye Iklan. Ikuti dan pertimbangkan semua proses yang ditawarkan oleh Facebook.
  6. Langkah selanjutnya pilih opsi Set Up Ad Account untuk membuat data akun iklan. Anda akan diminta mengisi asal negara, jenis mata uang, dan zona waktu tempat Anda tinggal.
  7. Setelahnya tentukan target pasar dengan memilih usia, gender, bahasa, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengelompokkan target pasar dengan membaginya berdasarkan minat, perilaku, dan demografi.
  8. Kemudian pilih opsi Penempatan Iklan. Facebook menyediakan penempatan otomatis jika Anda pemula menggunakan Facebook Ads. Klik opsi Automatic Placements jika ingin Facebook yang mengatur penempatan iklan produk Anda.
  9. Terakhir buat iklan produk Anda. Pada penjelasan di atas telah disebutkan format iklan yang dapat Anda pilih. Pilih format iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  10. Jika sudah menentukan dan membuat iklan, klik opsi Confirm untuk mengirim konsep iklan Anda ke Facebook.
  11. Facebook akan mengirim email setelah menerima iklan Anda.

Cara beriklan di Facebook memang tidak dapat dipelajari instan. Pelajari sistemnya secara perlahan hingga menemukan yang tepat. Selamat mencoba.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK