Trump Luncurkan Media Sosial Berupa Blog

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 21:20 WIB
Donald Trump akhirnya resmi meluncurkan media sosial buatan sendiri berupa blog. Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: REUTERS/LEAH MILLIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya resmi meluncurkan media sosial buatan sendiri berupa blog pada Selasa (4/5).

Blog tersebut merupakan hasrat Trump untuk kembali ke dunia jagat maya usai diblokir beberapa platform jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Platform itu didesain layaknya Twitter dan di 'desk' terlihat beberapa komentar Trump yang dapat disukai maupun dibagikan ke Facebook atau Twitter, tetapi tidak ada opsi bagi mereka untuk membalas.


Media sosial milik Trump bisa diakses https://www.donaldjtrump.com/desk.

Calon pengguna dapat mendaftar untuk posting peringatan di platform tersebut melalui email dan nomor telepon mereka. Selain itu pengguna juga dapat mengaktifkan pemberitahuan dari postingan Trump ke kontak mereka.

"Umumnya, berbagi unggahan dari situs web diizinkan selama materinya tidak sesuai dengan Peraturan Twitter," ujar juru bicara Twitter kepada The Verge.

Meskipun platform tersebut secara resmi diluncurkan pada hari Selasa, ada postingan yang berasal dari 24 Maret lalu. Postingan terbaru Trump adalah video yang mengiklankan platform barunya itu.

Dikutip Fox News Trump akhirnya dapat berkomunikasi dengan para pendukungnya secara langsung, meskipun tidak jelas bagaimana platform itu akan beroperasi.

Peluncuran tersebut dilakukan sehari sebelum Dewan Pengawas Facebook mengumumkan apakah Trump akan diizinkan kembali untuk menggunakan Facebook dan platform media sosial milik Facebook lainnya seperti Instagram.

Platform tersebut nampaknya dibuat oleh Campaign Nucleus, sebuah perusahaan layanan digital yang didirikan oleh mantan manajer kampanye Trump, Brad Parscale.

Trump dilarang dari Facebook dan platform lainnya pada Januari 2021, usai massa menggeruduk Capitol AS yang menyebabkan lima orang tewas.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK