Patung Kepala Kaisar Roma Pertama Usia 2.000 Tahun Ditemukan

CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 10:51 WIB
Patung kepala kaisar pertama Roma, Augustus yang terbuat dari marmer dan berusia 2.000 tahun berhasil ditemukan. Makan kaisar Romawi Augustus. (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Arkeolog dilaporkan berhasil menemukan patung kepala kaisar pertama Roma, yakni Augustus yang terbuat dari marmer. Hasil penelitian memperkirakan usai patung kepala itu berusia 2.000 tahun.

Penemuan patung kepala itu terjadi ketika seorang arkeolog bernama Francesco Giancola sedang melakukan restorasi untuk memperbaiki tembok abad pertengahan yang runtuh karena hujan lebat pada tahun 2013.

Melansir CNN, lokasi penemuan berada di kawasan yang dulu bernama Isernia. Kala itu, Giancola dan timnya sedang menggali di balik tembok.


"Saya melihat tanah berubah warna. Jadi kami terus menggali dengan sekop presisi dan sebongkah marmer telah keluar. Saya segera melihat bahwa itu adalah kepala yang saya kenali sebagai milik patung Augustus karena rambut dan bentuk serta potongan matanya," ujar Giancola.

Pasca penemuan itu, Giancola mengatakan langsung menelepon pihak berwenang, wali kota, dan kementerian warisan budaya.

Berdasarkan analisis, patung kepala itu memiliki tinggi sekitar 35 sentimeter. Seorang arkeolog di kementerian terkait, Maria Diletta Colombo memperkirakan patung itu bisa berusaia antara 20 SM dan 10 M.

"Itu adalah patung penting, tapi kami tidak tahu mengapa itu ada di sini. Itu bisa saja ditempatkan di kuil yang didedikasikan untuk pemujaan keluarga kekaisaran, atau di forum. Tapi ini hanya hipotesis," ujar Colombo.

Colombo menuturkan kepala tersebut kemungkinan besar telah terlepas dari patung yang tingginya lebih dari 2 meter (6 kaki 7 inci). Kepala patung itu terbuat dari marmer Lunigiana yang sama yang digunakan oleh seniman Renaisans Italia Michelangelo.

Kepala patung itu tampak menggambarkan seorang Augustus Oktavianus muda, yang menjadi kaisar pertama Roma pada 27 SM.

Isernia, yang dikenal sebagai Aesernia di dunia kuno, adalah rumah dari orang Italia bernama Samnites (koloni Romawi). Kota itu sebagian hancur selama Perang Dunia II tetapi dibangun kembali.

"Ini adalah penemuan yang sangat penting bagi Isernia karena ini menunjukkan keberadaan bangunan penting tertentu," ujar walikota Giacomo D'Apollonio.

D'Apollonio menyampaikan penggalian juga mengungkap kuburan abad pertengahan yang kosong dan artefak terakota.

Kepala tersebut saat ini sedang dipelajari dan sedianya akan dipajang di museum kota Santa Maria delle Monache. Patung itu diharapkan akan menarik lebih banyak wisatawan.

Augustus diketahui membangun sebuah kerajaan yang membentang dari Inggris hingga ke Mesir.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK