Shopee Angkat Suara soal Penipuan Aplikasi Jelang Lebaran

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 20:32 WIB
Penipuan mengatasnamakan Shopee terjadi menjerat masyarakat yang lengah. Aplikasi Shopee. (Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah orang dilaporkan mendapat sebuah tautan ke situs 'Shopee Beli Bersama'. Situs itu berisi Quick Response (QR) code untuk mengunduh aplikasi TestFlight dari Shopee Beli Bersama di iOS atau Android.

Selain QR code, terdapat sebuah kolom 'Download' yang ketika diketuk seketika akan mengunduh sebuah file bernama 'shopeebb-1.1.1.apk'.

Salah satu orang yang sempat menerima tautan itu adalah Dwi Pravita Garantri. Dia mengaku awalnya iseng bergaung ke dalam grup Shopee Beli Bersama lewat aplikasi Shopee. Setelah itu, sebuah nomor tidak dikenal memasukkannya ke dalam sebuah grup WhatsApp dan memberi link https://shopee.ws/s/1/rs?p=pc.


"Ternyata aplikasi Shopee Beli Bersama-nya aneh. (harus) masukin user sama password apa saja tetap masuk ke laman utama, curiga penipuan. Cari-cari di internet juga tidak ada infonya," ujar Dwi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (7/5).

Di dalam grup WhatsApp juga disampaikan bahwa Shopee Official mengadakan promo besar-besaran bekerjasama dengan berbagai pabrik, suplier ternama, dan untuk merayakan ramadan.

"Total ada 7 Hot Item akan ada di Group Sale per hari," kutip deskripsi grup yang dinamakan SHOPEE BELI BERSAMA 003.

Salah satu barang yang ditawarkan adalah Macbook Pro 2020. Di dalam potongan gambar yang beredar, perangkat itu hanya dijual dengan harga Rp10.729.500 dari harga asli Rp21.459.000. Kemudian ada Poco X3 yang dijual Rp1.399.600 dari harga semula Rp3.499.000.

Willy, salah satu orang yang juga mendapat tautan itu mengaku belum melakukan pembelian. Namun, dia menyampaikan sudah menginstal aplikasi tersebut. Karena curiga, dia berkata sedang menunggu jawaban dari pihak Shopee.

Meski demikian, Willy berkata pernah mendengar fitur membeli sebuah bareng bersama orang lain di Shopee, yakni mengundang teman untuk membeli barang bersama dengan harga yang murah.

"Waktu itu beli sembako gitu, kan pas corona 2020 mah perlu banget sembako kan. Tapi udah gitu tidak jadi, soalnya bingung mau ngajak siapa," ujar Willy.

Selain itu, Willy juga menyampaikan sempat dihubungi orang orang tidak dikenal yang mengaku dari Shopee. Penelpon itu menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan hadiah.

"Gue males ngeladenin langsung gue tutup dan gue block," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan, Shopee belum memberi keterangan resmi terkait dengan keberadaan situs tersebut. Pihak internal Shopee hanya menyebut sedang memeriksa laporan itu.

Tanggapan Shopee

Perusahaan menanggapi jika situs yang dibagikan di media sosial tersebut bukan situs maupun aplikasi resmi dari Shopee. Sebagai referensi, akun resmi Shopee Indonesia adalah @shopee_id (Instagram), @ShopeeID (Twitter) dan @ShopeeID (Facebook). Daftar akun resmi Shopee Indonesia dapat ditemukan di tautan ini.

"Kami terus memonitor kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dan ShopeePay di luar sana, serta melakukan berbagai upaya agar pengguna terhindar dari kasus atau modus penipuan apapun," kata Kepala Kebijakan Publik, Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo.

Perusahaan masih memantau fraud seperti ini, guna menindaklanjuti kasus yang tidak kita inginkan terjadi.

"Sebagai aksi preventifnya, tim kami juga secara rutin selalu mengedukasi pengguna dengan mengirimkan push notifications di dalam aplikasi Shopee mengenai bagaimana cara menyikapi berbagai modus penipuan yang marak terjadi," ucap Radityo.

(jps/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK