Clubhouse Rilis untuk Android

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 09:07 WIB
Clubhouse di Android masih dalam versi Beta, belum tahu kapan akan resmi bisa digunakan. Ilustrasi Clubhouse untuk Android. (Foto: AFP/ODD ANDERSEN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Clubhouse akhirnya menyediakan aplikasi untuk sistem operasi Android setelah sekitar satu tahun aplikasi ini cuma tersedia di iOS pada Minggu (9/5).

"Rencana kami selama beberapa minggu ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah yang kami lihat dan menambahkan fitur akhir seperti pembayaran dan pembuatan komunitas sebelum meluncurkannya secara lebih luas," bunyi postingan dalam blog.

Namun Clubhouse di Android masih dalam versi Beta, belum tahu kapan akan resmi bisa digunakan. CNNIndonesia.com yang mencoba juga belum mendapati aplikasi bisa diunduh sampai hari ini, Senin (9/5).


Pengguna di luar AS dapat melakukan prapendaftaran terlebih dahulu melalui halaman Clubhouse di Google Play Store, agar otomatis ter-download saat aplikasi sudah tersedia di wilayah mereka mengutip The Verge.

Clubhouse mengatakan platform akan tetap tersedia dalam undangan khusus saat ini. Hal itu berarti masih eksklusif dan tidak terbuka untuk sembarang orang.

Meskipun hanya tersedia dalam akses yang terbatas, Clubhouse dinilai telah menghasilkan gebrakan yang signifikan. Pada tahun lalu aplikasi ini banyak digunakan oleh beberapa selebriti terkenal, politisi, investor dan para pengusaha untuk berdiskusi.

Namun kepopuleran Clubhouse membuat beberapa perusahaan teknologi besar tertarik meluncurkan fitur serupa, seperti Twitter, Facebook, Spotify, LinkedIn dan Reddit.

Di samping itu dengan pengembangan layanan pada pengguna Android, hal ini berpengaruh pada sistem pengoperasianya saat ini. Pihaknya mengatakan akan berpengaruh pada pemadaman server dan kegagalan pada notifikasi.

"Hal itu membuat kami mengalihkan fokus ke perekrutan, perbaikan dan pembangunan perusahaan daripada pertemuan komunitas dan fitur produk yang biasanya kami fokuskan," ujarnya.

Dikutip Tech Crunch saat Clubhouse tengah berjuang untuk mempertahankan pertumbuhannya. Berdasarkan data dari firma wawasan seluler menunjukkan bahwa pemasangan Clubhouse telah turun drastis dalam beberapa bulan terakhir.

Clubhouse saat ini dianggap memiliki kekurangan sejumlah fitur seperti kemampuan untuk mengikuti sebuah topik, terjemahan dalam aplikasi, kemampuan untuk membuat atau mengelola klub, menautkan profil Twitter dan Instagram, pembayaran, serta kemampuan untuk mengubah nama profil atau nama pengguna.

"Dengan Android, kami yakin Clubhouse akan terasa lebih lengkap," bunyi postingan blog tersebut.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK