Benda BD999, Calon Moge Bertenaga Air Buatan China

fea, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 10:11 WIB
BD999 sejauh ini masih dalam tahap pengembangan, motor ini disebut dapat memisahkan oksigen dan hidrogen dari air untuk proses pembakaran. Benda BD999, moge 1.000 cc yang memiliki teknologi pemanfaatan air untuk proses pembakaran. (bendamotor.cn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produsen motor asal China, Benda Motorcycle, dilaporkan tengah merancang sepeda motor jenis moge 1.000 cc 4-silinder yang dapat bekerja memanfaatkan air. Motor yang sampai sekarang diketahui bernama BD999 ini bisa jadi versi dua roda alternatif mobil hidrogen Toyota Mirai.

Menurut penjelasan media vietnam thandhnien.vn, Rabu (5/5), BD999 memiliki teknologi yang dapat memisahkan dua senyawa mudah terbakar, oksigen dan hidrogen, dari molekul air untuk mendukung proses pembakaran. Pemisahan itu dikatakan dilakukan oleh perangkat bertenaga listrik yang dibawa BD999.

Menurut greatbiker.com, Benda sejauh ini hanya menunjukkan gambar virtual BD999 namun belum ada unit seperti prototipe. Dalam gambar motor ini didesain punya nuansa modern namun juga retro, terdapat lampu depan bulat, suspensi upside down, cakram ganda di roda depan, dan jok menyambung.


Sejauh ini belum ada penjelasan detail tentang teknologi BD999, namun Benda dikatakan berupaya menjadikannya motor produksi massal yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Berdasarkan situs resmi Benda Motorcycle dijelaskan perusahaan ini berdiri pada 1994 dan dikenal sebelumnya dengan nama Zhejiang Zhongnan Motorcycle Co., Ltd. Pada 2012 perusahaan di provinsi Zhejiang itu melakukan restrukturisasi dan transformasi, mendirikan riset dan pengembangan independen, kemudian menghasilkan berbagai motor besar sampai sekarang.

Benda baru saja merilis moge 680 cc 4-silinder bernama LFC700 pada Kamis (6/5). Moge bergaya cruiser ini sebelumnya sudah dipajang di Chongqing Motor Show pada September 2020.

Pemanfaatan air untuk kendaraan sebenarnya bukan hal baru dalam otomotif. Toyota sudah sukses menghasilkan fuel cell vehicle (FCV) Mirai pada 2014, kemudian diikuti Honda dengan Clarity pada 2017, dan Hyundai Nexo pada 2018.

Produsen China juga diketahui menerapkan teknologi fuel cell hidrogen pada kendaraan komersial seperti bus Foton BJ6123FCEVCH-1.

Sementara pada motor, Yamaha, Honda, dan Suzuki pernah membuat model listrik konsep yang mampu memanfaatkan hidrogen, namun sejauh ini belum ada satupun produsen yang menjualnya secara komersial. Jika saja Benda dapat meluncurkan BD999, besar kemungkinan motor ini menjadi pionir.

(fea)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK