Microsoft Bakal Bikin Desain Baru Ikon Windows 10

CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 20:43 WIB
Microsoft dilaporkan akhirnya melakukan pembaruan ikon-ikon yang ada di Windows 10. Ilustrasi. Microsoft dilaporkan akhirnya melakukan pembaruan ikon-ikon yang ada di Windows 10. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microsoft dilaporkan bakal melakukan pembaruan terhadap warna dan desain ikon pada Windows 10.

Desain ulang adalah bagian dari perbaikan visual utama Windows 10 yang akan diluncurkan pada Oktober 2021. Namun, pratinjau logo baru itu akan diberikan Microsoft bagi para pengembang pada pekan ini. Penyegaran visual logo Windows ini pertama kali dilaporkan oleh Windows Latest.

Pembaruan logo ini, bersamaan dengan pembaruan ikon-ikon lain yang jarang digunakan di Windows. Misal, ikon monitor CRT yang sudah lawas, kini diganti dengan layar datar dan mouse trackball sekarang diganti jadi layar sentuh.


Mayoritas ikon tampak diperbarui. Tapi, beberapa ikon kuno masih dipertahankan, seperti ikon floppy disk tetap ada, tetapi setidaknya mereka terlihat seperti bagian dari Windows 10 dan bukan dari Windows ketika Bill Clinton berada di masa jabatan pertamanya.

Pembaruan Windows biasa dilakukan dua kali setahun oleh Microsoft. Tiap pembaruan biasanya ditambahkan beberapa fitur baru, misal alat screenshot baru, Start Menu yang lebih bersih, dan lain-lain. Tapi, pembaruan musim semi tahun ini kemungkinan akan menjadi pembaruan kecil.

Desain ulang Windows 10 skala penuh dengan nama kode "Sun Valley," juga akan menghadirkan desain Start Menu, File Explorer, Action Center dan taskbar yang baru. Pengguna tablet juga dilaporkan akan mendapatkan keyboard virtual yang didesain ulang dengan akses emoji yang lebih baik.

Microsoft diprediksi memberikan semua elemen Windows 10 perubahan untuk menyelaraskan semua elemen sistem operasi yang baru-baru ini diubah dalam hal desain.

Sebagian besar perubahan terbaru Windows sebelumnya ditujukan untuk khalayak tertentu, terutama para gamer dan pelanggan korporat. Kini, dengan makin masifnya bekerja dari rumah akibat pandemi, Microsoft pun melakukan pembaruan bagi konsumer rumahan.

Microsoft juga berusaha untuk meresppons chip M1 Apple, yang pada dasarnya adalah mikroprosesor smartphone yang kini digunakan untuk PC.

Melansir CNN, Mac OS Big Sur Apple yang baru memanfaatkan chip baru ini dengan mengintegrasikan fitur-fitur yang sudah biasa digunakan orang di iPhone dan iPad, sebuah konvergensi smartphone, tablet, dan PC. 

Untuk mengantisipasi hal itu Microsoft sudah memiliki perangkat hybridnya sendiri, Surface Pro X plus Windows 10X. Laptop ini berjalan pada chip dengan arsitektur yang mirip dengan Apple M1.

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK