TIPS TEKNOLOGI

Cara 'Silent' HP Android Otomatis Saat Isi Daya

CNN Indonesia | Selasa, 18/05/2021 10:27 WIB
Berikut cara silent (senyapkan) ponsel otomatis saat sedang mengisi daya. Berikut cara silent (senyapkan) hp otomatis saat sedang mengisi daya. (iStockphoto/AntonioGuillem)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pengguna Android kerap merasa terganggu ketika lupa mengalihkan handphone (hp) mereka ke mode senyap setiap malam atau mengisi daya smartphone saat tidur.

Ternyata ada cara membungkam suara secara otomatis saat sedang mengisi daya. Mode senyap di sebagian besar perangkat Android tidak memblokir alarm. Sehingga, pengguna bisa mengandalkan mode 'Jangan Ganggu' untuk membungkam suara ponsel saat mengisi daya, tapi masih mendapatkan pemberitahuan penting.

Melansir How To Geek, aplikasi Google Clock menyertakan seperangkat fitur seperti 'Waktu Tidur'. Jika memiliki ponsel Google Pixel atau perangkat Android yang cukup baru, ada kemungkinan Anda memiliki opsi waktu tidur tambahan dengan 'Digital Wellbeing'. 


Cara:

  1. Unduh aplikasi Google Clock dari Play Store jika belum memilikinya.
  2. Buka aplikasi 'Clock' lalu ketuk 'Bedtime' di bilah toolbar bawah.
  3. Selanjutnya, pilih 'Memulai'.
  4. Pilihan itu akan meminta Anda untuk membuat alarm bangun. Ketuk ikon minus (-) dan plus (+) untuk memilih waktu. Ketuk hari-hari dalam seminggu yang ingin menggunakan alarm.
  5. Ada beberapa opsi tambahan di halaman itu jika Anda membuat alarm, tetapi untuk keperluan panduan, kita hanya perlu memilih waktu bangun. Ketuk 'Lewati' setelah selesai dengan langkah itu.
  6. Aplikasi Clock akan meminta Anda untuk mengatur waktu tidur. Seperti sebelumnya, gunakan ikon minus (-) dan plus (+) untuk menyesuaikan waktu lalu ketuk hari yang Anda inginkan.
  7. Jika perangkat memiliki Digitial Wellbeing, Anda akan melihat 'Mode Waktu Tidur' di layar. Di dalam ode itu terdapat opsi 'Saat Mengisi Daya pada Waktu Tidur'.
  8. Ketuk 'Saat Mengisi Daya pada Waktu Tidur' sehingga Anda akan melihat waktu bangun dan waktu tidur yang ada pada pilihan di langkah sebelumnya.
  9. Ada opsi mengaktifkan 'Jangan Ganggu'. Itu akan memastikan bahwa pemberitahuan dibungkam saat telepon dicolokkan selama jendela waktu yang dipilih.
  10. Ketuk ikon panah kembali di kiri atas untuk kembali ke layar sebelumnya. Pilih tombol 'Selesai' untuk menyelesaikan.

Dengan semua pengaturan itu, ponsel Anda akan dibungkam di malam hari saat mengisi daya, tetapi pemberitahuan penting akan tetap masuk, seperti dilansir The Hack Post

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna dari fungsi ini, Anda harus memastikan untuk mengatur mode "Jangan Ganggu" (Do Not Disturb).

(jps/eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK