Israel Serang Palestina, #AlAqsaUnderAttack Menggema

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 08:02 WIB
Warganet ramai-ramai mengutuk aksi brutal Israel yang menyerang Masjid Al-Aqsa dan warga Palestina jalur Gaza di bulan Ramadan. Save Palestine menggema di media sosial setelah diserang Israel. (REUTERS/AMMAR AWAD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jutaan warganet dari berbagai belahan dunia mengutuk aksi Israel menyerang Palestina. Israel kembali menunjukkan aksi tidak manusiawi di kompleks Masjid Al-Aqsa dan jalur Gaza hingga berujung jatuhnya korban meninggal dunia dari warga sipil Palestina.

Tagar #SavePalestine dan #AlAqsaUnderAttack berada pada jajaran atas topik terpopuler di jagat Twitter. Akun @9697teen meminta sejenak berdoa untuk warga Palestina. Ia juga mengatakan bahwa peristiwa ini bukanlah soal agama, namun tentang kemanusiaan.

"Bagi yang muslim sejenak kita berdoa dulu yuk buat keluarga kita di palestina. Ini bukan tentang agama lagi tapi tentang kemanusiaan. semoga keluarga kita di palestine selalu dalam lindungan Allah SWT. Allahu akbar," cuitnya, Selasa (11/5).


"Ga bisa dibayangkan, udah mau lebaran kita di sini udah siap-siap mau akhir puasa, tapi mereka masih berjuang buat nyawanya. Speechless ngeliat video di sana mau solat tapi diserang gitu," ujar @aiwonderwhy.

Selain tagar #SavePalestine, tagar #AlAqsaUnderAttack juga turut diramaikan oleh warganet RI dan dunia. 

Lebih lanjut ada pula netizen yang mengecam tindakan yang dinilai keji oleh Israel pada umat muslim di kompleks Mesjid Al-Aqsa itu.

Suasana di Israel kembali panas pada Senin, tepatnya ketika warga Israel akan memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa untuk memperingati pencaplokan wilayah Yerusalem pada Perang Timur Tengah pada 1967 silam.

Pencaplokan itu tidak diakui oleh komunitas internasional. Ratusan warga Palestina lantas menyambangi Masjid Al-Aqsa dan dilaporkan melempari batu ke arah petugas keamanan.

Bentrokan antara warga Palestina dan aparat Israel pun tak terbendung. Berdasarkan data Palang Merah Palestina, setidaknya 305 warga Palestina terluka, 228 di antaranya dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, 21 personel kepolisian juga terluka.

Suasana di Yerusalem sendiri sudah mulai tegang sejak akhir pekan lalu karena keputusan aparat keamanan Israel untuk menutup akses ke Masjid Al-Aqsa. Keputusan itu menyulut amarah warga Muslim Palestina yang hendak melaksanakan tarawih dan iktikaf di sepuluh malam terakhir Ramadan.

Selain itu, bentrokan juga dipicu keputusan Israel untuk menggusur wilayah pemukiman Muslim Palestina di Sheikh Jarrah, timur Yerusalem. Kini, Israel memutuskan menunda rencana penggusuran.

(can/DAL)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK