TIPS TEKNOLOGI

Cara Menghentikan Aktivitas Web di Facebook

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/05/2021 08:21 WIB
Berikut cara menghentikan aktivitas web di Facebook untuk mengontrol informasi yang ditampilkan di feeds, iklan, dan bagian Facebook lainnya. Berikut cara menghentikan aktivitas web di Facebook untuk mengontrol informasi yang ditampilkan di feeds, iklan, dan bagian Facebook lainnya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Facebook menghadirkan fitur terbaru yang disebut Off-Facebook Activity. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih dan menghapus riwayat aktivitas web yang dilakukan di luar Facebook.

Melansir CNET, selain memilih dan menghapus aktivitas web, fitur Off-Facebook Activity juga dapat memantau jenis informasi atau data yang dimiliki, dibagikan, dan diakses oleh pihak ketiga.

Anda juga dapat menyeleksi iklan apa yang muncul di beranda atau bahkan menghentikan aktivitas iklan tersebut.


Hal ini dilakukan agar pengguna merasa aman saat bermain Facebook atau saat harus memberikan data pribadinya untuk kepentingan tertentu.

Berikut cara menghentikan aktivitas web di Facebook.

ilustrasi FacebookBerikut cara menghentikan aktivitas web di Facebook untuk mengontrol informasi yang ditampilkan di news feeds, iklan, dan bagian Facebook lainnya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

  1. Buka laman atau aplikasi Facebook.
  2. Klik ikon tanda panah ke bawah di pojok kanan atas.
  3. Pilih opsi Pengaturan & Privasi.
  4. Pilih opsi Pengaturan dengan ikon roda gigi.
  5. Setelahnya cari menu Informasi Facebook Anda.
  6. Lalu pilih opsi Aktivitas di Luar Facebook atau Off-Facebook Activity.
  7. Jika sudah muncul, pilih opsi Kelola Aktivitas Anda di Luar Facebook atau Manage Off-Facebook Activity.
  8. Dari situ, Anda dapat mengelola Aktivitas Di Luar Facebook, menghapus semua riwayat dengan clear history, hingga mematikan aktivitas mendatang apa pun ke akun Anda.

Sebagai informasi, Anda bisa memilih aktivitas dari aplikasi atau website mana yang ingin dinonaktifkan.

Cara melakukannya sama, hanya saja pada tahap opsi Kelola Aktivitas Mendatang, Anda harus memilihnya secara manual.

Apa yang Terjadi setelah Menonaktifkan Aktivitas Web di Luar Facebook?

Facebook akan menghapus semua informasi berkaitan Anda yang dibagikan oleh situs web atau aplikasi pihak ketiga tersebut.

Artinya Facebook tidak akan tahu situs web apa yang Anda kunjungi. Selain itu, Anda tidak lagi akan melihat iklan dari situs tersebut.

Namun ada hal lain yang perlu Anda perhatikan saat menonaktifkan aktivitas web ini. Hal ini tertulis sebelum opsi menonaktifkan dilakukan.

Agar memudahkan Anda dalam memahami, berikut rangkuman yang terjadi setelah menonaktifkan aktivitas web.

  • Aktivitas mendatang Anda di luar Facebook akan terputus dalam waktu 48 jam setelah permintaan diterima. Dalam rentang waktu ini, informasi terkait aktivitas Anda akan digunakan untuk keperluan Facebook mengukur dan meningkatkan sistem iklan mereka.
  • Jika memilih untuk menonaktifkan semua aktivitas mendatang pada aplikasi ataupun situs web maka semua aktivitas pada keduanya akan terputus.
  • Meski telah memutuskan aktivitas, iklan tersebut kemungkinan masih akan dapat Anda lihat jika Anda menyukai atau memberi like pada iklan bisnis.
  • Saat ingin mengunjungi aplikasi atau web yang telah dinonaktifkan maka Anda harus mengizinkan informasi dari web atau aplikasi tersebut terhubung ke akun Facebook Anda.

Itulah cara menghentikan aktivitas web di Facebook yang bisa dicoba agar merasa lebih aman dan nyaman saat mengakses Facebook.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK