Viral Video Sangka Warga Yahudi Menari Lihat Al-Aqsa Terbakar

eks, CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 19:05 WIB
Sebuah video menjadi viral lantaran disangka warga Yahudi sengaja menari ketika melihat Masjid Al-Aqsa terbakar. Ilustrasi. (REUTERS/AMMAR AWAD)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah video yang viral menunjukkan warga Yahudi menari dan menyanyi di depan Tembok Ratapan dekat dengan Masjid Al-Aqsa menuai kecaman netizen.

Dalam video itu, tampak warga Yahudi itu tengah menari di hadapan Tembok Ratapan, di Temple Mount, tampak sebuah pohon terbakar di belakang tembok itu. Pohon terbakar itu ada di sekitar lokasi Masjid Al-Aqsa.

Video ini menuai kehebohan di media sosial lantaran beberapa netizen menganggap warga Yahudi menari melihat pohon terbakar di Masjid Al-Aqsa.


Kritik pedas pun dilayangkan netizen. Ayman Odeh, seorang anggota Knesset (Parlemen Israel) menyebut aksi ini "mengejutkan".

Kecaman serupa datang dari netizen lain.

"Sebuah holocaust modern terjadi di Palestina. Orang-orang Israel merayakan saat api besar terjadi di salah satu tempat ibadah paling suci bagi Muslim. Katakan bagaimana seseorang bereaksi terhadap ini. Katakan bagaimana Anda tetap waras dalam menghadapi kefanatikan dan kebencian yang jelas terlihat satu sama lain," ujar akun @TheRanaMuazzam.

"Ini bukan manusia beradab, tapi barbar," cuit akun @karmuhsin.

Peristiwa berbeda

Padahal, orang Yahudi yang menari di depan Tembok Ratapan serta pohon yang terbakar adalah dua peristiwa yang tak saling berhubungan, seperti dicuitkan David Patrikarakos, seperti dilaporkan JPost.

Kebenaran: 1. Yang terbakar adalah pohon; 2. (Pohon terbakar) karena pengunjuk rasa melempar mercon ke situ; 3. Nyanyian dan tarian ini untuk merayakan Jerusalem Day, yang mana [arak-arakan] selalu berakhir di Tembok Ratapan," tulisnya.

Menurut keterangan polisi Yerusalem, pohon itu terbakar akibat petasan yang dilempar warga Palestina. Hal serupa juga diungkapkan Kementerian Luar Negeri Israel lewat akun Twitternya.

"Pohon yang terbakar di Temple Mount semalam akibat aksi pengunjuk rasa melemparkan petasan ke polisi," cuit mereka.

Melansir dari The Intercept, berminggu-minggu warga Palestina memprotes upaya pengusiran dari rumah mereka di kawasan Yerusalem Timur. Situasi makin menegang kala terjadi bentrok antara polisi Israel dan warga Palestina di kawasan Masjid Al Aqsa. 

Di satu titik selama pertempuran, sebatang pohon terbakar dekat masjid. Video yang beredar tanpa konteks pun memicu aksi saling tuding siapa yang bersalah.

(eks)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK