Alasan Israel-Palestina Sering Bentrok di Al-Aqsa

CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 14:15 WIB
Terdapat sejumlah alasan mengapa bentrokan antara Israel dan Palestina kerap terjadi di sekitar Masjid Al-Aqsa. Terdapat sejumlah alasan mengapa bentrokan antara Israel dan Palestina kerap terjadi di sekitar Masjid Al-Aqsa. (AP/Mahmoud Illean)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bentrok Palestina dan Israel kembali terjadi di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa.

Ini bukan kali pertama bentrok terjadi di tempat suci umat Islam itu yang bersebelahan dengan tempat suci umat Yahudi, Temple Mount.

Pekan ini, bentrokan kembali terjadi di Yerusalem antara warga Palestina dan pasukan keamanan Israel di dekat mesjid Al-Aqsa. Setidaknya 300 orang terluka dalam bentrokan itu.


Namun menurut harian Israel Haaretz, ketegangan antara polisi Israel dan warga Palestina sudah dimulai sejak 12 April ketika polisi memasang blokade untuk mencegah orang duduk di alun-alun gerbang Damaskus, yang merupakan area populer selama bulan Ramadhan.

Tidak hanya dipicu oleh hal itu, namun Israel kerap mencoba mengusir warga Palestina dari rumahnya, dimulai pada tahun 1956 tidak lama setelah Israel memenangkan perang Arab-Israel pertama.

Pemicu bentrokan terjadi

Pertama kali dibangun pada tahun 705 M, masjid Al-Aqsa telah sering menjadi titik bentrok antara orang Palestina dan Yahudi.

Secara historis, peningkatan bentrokan di daerah itu terjadi sekitar bulan Ramadhan. Sebab, kawasan Plaza Gerbang Damascus menjadi lokasi yang kerap dipakai sebagai tempat berkumpul warga Palestina selama bulan ini.

Israel khawatir, berkumpulnya warga Palestina itu akan menyebabkan masalah, sehingga mereka berusaha membubarkan kerumunan itu.

Pada 12 April lalu, polisi menaruh blokade untuk mencegah warga berkumpul. Lalu pada 16 April, polisi membatasi hanya 10 ribu orang yang boleh berkumpul di Al-Aqsa. Puluhan ribu warga Palestina yang hendak beribadah diminta kembali.

Ada Apa dengan Al-Aqsa?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK